Thursday, May 6, 2010

REPRODUKSI SEHAT MALAHIRKAN KETURUNAN YANG SEHAT


Seorang wanita atau ibu selalu tidak lepas dari pekerjaan. Mulai dari pekerjaan mengurus rumah tangga hingga kegiatan diluar, mencari nafkah. Pekerjaan tentunya memakan waktu yang cukup banyak dan melelahkan, memerlukan daya pikiran dan perasaan, juga tak aman dari ancaman penyakit akibat lingkungan kerja yang buruk, dan juga mengandung bahaya kecelakaan dan keracunan kimiawi, terlebih bagi wanita yang bergerak pada sektor industri, baik industri hulu maupun hilir.

Dilingkungan rumah tangga pun sangat mungkin banyak timbul gangguan kesehatan kerja akibat kondisi lingkungan yang buruk. Oleh karena itu, para wanita perlu memahami betapa pentingnya memelihara kesehatan. Kesehatan yang baik bukan hanya berarti kebebasan dari penyakit. Kesehatan yang baik artinya menyangkut pemenuhan keutuhan jiwa, raga dan pikiran yang sejahtera. Sehingga, wanita mempunyai energi dan kekuatan dalam melaksanakan kerja-kerja kesehariannya.

Kesehatan wanita akan turut berpengaruh pada setiap wilayah kehidupannya; kesehatan wanita akan memungkinkan perolehan bayi yang lebih sehat, dan mempu juga merawat keluarga dengan lebih baik dan lebih bahagia. pendeknya, tukas Ninuk, dengan reproduksi yang sehat, diharapkan akan melahirkan keturunan yang sehat. Agar reproduksi anda sehat, upayakan langkah sebagai berikut :
  1. Usahakan anda hamil pada saat usia anda minimal mancapai 20 tahun hingga 30 tahun. Karena, masa ini adalah masa yang aman untuk melahirkan.
  2. Ikutlah keluarga berencana sehingga anda bisa memberikan kepada pasangan suami-istri pilihan tentang kapan sebaiknya mempunyai anak, berapa jumlahnya, jarak antara anak yang satu dengan yang berikutnya dan kapan sebaiknya berhenti mempunyai anak.
  3. Periksakan air kencing anda, bila ada tanda-tanda kehamilan (berhenti haid). Setiap ibu hamil perlu memeriksakan sekurang-kurangnya 4 kali selama periode kehamilan.
  4. Upayakan menghindari kemungkinan timbulnya masalah dalam kehamilan melalui pemeriksaan 5 T: Timbang badan, Tekanan darah, Tinggi dasar rahim (fundus uteri), Tablet besi 90 butir selama hamil, Tetanus (suntikan) 2 kali selama hamil.
  5. Upayakan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Gizi yang baik akan memberi tubuh anda kekuatan, mencegah infeksi, menyehatkan kandungan, dan membantu mencegah pendarahan yang berlebihan. Ingatlah bahwa pada waktu hamil, anda makan bukan hanya untuk diri sendiri malainkan juga untuk bayi anda.
  6. Periksakan pula apabila ada tanda-tanda cedem (bengkak) pada tungkai kaki.
  7. Perbanyaklah membaca informasi tentang kesehatan reproduksi dan masalah kesehatan perempuan.
  8. Anda dapat memperoleh pelayanan tersebut di Puskesmas. Rumah sakit terdekat, bidang praktik swasta dan dokter ahli kandungan.
  9. Wahai para ibu, jangan kau sia-siakan amanat Tuhan yang dititipkan-Nya dalam rahim sucimu. Dalam tubuhmu, sesungguhnya tersimpan rahasia penciptaan (prokreasi) Tuhan dan aura yang indah dan menyenangkan (rekreasi). Selamat menikmati dan bereksplorasi dengan tubuh anda.

No comments:

Post a Comment