Friday, May 21, 2010

CANTIK DAN KULIT HALUS



Islam sangat menganjurkan seorang istri senantiasa tampil mengesankan di depansuaminya. Entah, saat belum punya anak atau setelah memilikimnya. Kalau bisa tak berubah sejak menikah sampau punya anak 9. senantiasa cantik dan tetap cantik. Selain bermanfaat buat sendiri, tampil cantik juga akan melanggengkan kehidupan rumah tangga.

Cantik biasanya identik dengan wajah halus dan kulit mmulus. Sebaliknya kasar, kusam, dan tak rata akan desebut jelak. Oleh karena itu, perawatan wajah bagi para wanita khususnya istri adalah penting. Lalu bagaimana cara merewat wajah dan kulit agar tetap cantik, mulus, dan halus? Ikuti cara dan tip-tip berikut ini…


Pakai kosmetik

Kosmetik biasa dipakai para wanita untuk mempercantik diri. Namun, banyak yang tidak tahu kalau beberapa jenis kosmetik berbahaya bagi kulit mereka. Aturan yang hendaknya diketahui, jika mencoba suatu produk komsetik kemudian merasakan kulit gatal atau panas, kemungkinan besar kosmetik tersebut berbahaya atau kulit tidak cocok dengan produk tersebut. Sebaiknya segera dihentikan pemakaiannya.


Merawat wajah

Agar wajah tetap berseri, berikut tata cara merawat wajah dengan benar :
  • Cuci muka dengan menggunakan pembersih muka.
  • Kemudian gunakan scrub
  • Jika mau,m bisa dilakukan pengelupasan wajah.
  • Perncet jerawat dan komedo
  • Lakukan pemijatan wajah
  • Bila pakai masker, sesuaikan dengan jenis kulit, dan lakukan seminggu sekali, bergantian dengan “peeling”
  • Bersihkan masker dengan “toner”
  • Jika wajah berjerawat banyak, gunakan obat anti jerawat.
  • Untuk daerah kering bisa juga diberikan pelembab atau krem malam.

Untuk pagi hari sebelum beraktifitas ada baiknya meluangkan sedikit waktu untuk memoles wajah secara sederhana , seperti :
  • Mencuci wajah dengan sabun wajah
  • Menggunakan penyegar
  • Mengoleskan bedak

Saran tambahan, karena Indonesia merupakan daerah tropis, dimana matahari bersinar begitu kuat selalu, ada baiknya menggunakan pelembab atau krem anti keriput yang mengandung anti sinar matahari, seperti SPF 15.


Yang alami

Selain bahan-bahan kosmetik, bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita bisa juga dimanfaatkan untuk mempercantik diri. Berikut diantara alami yang bisa digunakan :

Alpukat
Gunanya : memberi gizi pada kulit, bagus untuk kulit dewasa.
Caranya : daging buah alpukat dihaluskan sampai lembut, lalu digosokkan merata pada kulit. Biarkan sampai kering kemudian dibilas dengan mandi.

Pisang
Gunanya : sama dengan alpukar, memberi gizi dan melembutkan kulit.
Caranya : pisang dihaluskan sampai lembut kemudian diborehkan merata pada permukaan kulit. Biarkan sampai kering, sebelum dibilas dengan mandi.

Wortel
Gunanya : selaim memberi gizi pada kulit, juga mengangkat sel kulit yang sudah mati.
Caranya : satu buah wortel ditumbuk atau diparut dan digosokkan merata pada permukaan kulit. Didiamkan selama beberapa menit, sebelum dibilas dengan mandi.

Timun
Gunanya : mendinginkan dan menambah kandungan air pada kulit, serta memutihkandan mengencangkan jaringan tubuh.
Caranya : timun dikupas dan ditumbuk atau diparut sebelum digunakan sebagai masker sajah. Diamkan selama beberpa menit, kemudian dibersihkan dengan cara mencucinya dengan air kran atau wastafel.

Kuning telur
Gunanya : memberi gizi pada kulit, mengesatkan dan mengencangkan kulit.
Caranya : mencampur satu kunitn telur dengan satu sendok the madu dan menggosokkannya pada wajah. Bibiarkan sampai kering kemudian wajah dicuci dengan air bersih.

Madu
Gunanya : memberi gizi pada kulit.
Caranya : madu dicampur dengan buah atau sayur yang sudah ditumbuk halus lalu diblender, untuk membuata masker yang bergizi. Diamkan beberapa menit setelah kering dibilas dengan air bersih.

Jeruk
Gunanya : mengencangkan jaringan tubuh mengangkat sel kulit yang telah mati, memutihkan, juga bisa toning.
Caranya : satu sendok the jus jeruk nipis ditambahkan pada berbagai macam masker wajah yang sering digunakan. Atau bisa juga buat sebagai toner dengan cara mgnggosokkan irisan jeruk pada kulit. Tunggu beberapa menit hinga mongering, lalu dibilas dengan air bersih.

Pepaya
Gunanya : mengangkat sel kulit yang telah mati
Caranya : irisan papaya matang digosokkan pad akulit. Tunggu hingga kering lalu dengan air bersih. Catatan bagi yang memiliki kulit sensitive agar berhati-hati.

Tomat
Gunanya : mengencangkan jaringan tubuh.
Caranya : irisan tomat digosokkan pada permukaan kulit secara merata. Tunggu beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Semangka
Gunanya : menambah kandungan air pada kulit, mendinginkan danmengencangkan jaringan tubuh.
Caranya : irisan semangka digosokkan pada kulit. Dibiarkan beberapa saat hingga kering, kemudian dibilas dengan air bersih.

Kentang
Gunanya : sebagai pemulih sel kulit yang telah rusak akibat terbakar. Sangat bagus untuk menghilangkan kantung dibawah mata.
Caranya : kedua mata ditutupi dengan irisan kentang dan didiamkan 15 menit. Setelah selesai, dibersihkan dengan air hangat.

Insyaalllah dengan beberpa cara dan tip diatas, anda akan bisa tetap cantik dan kembali cantik saat masih berdua atau seelah punya anak 9. Selamat mencoba!

NABILA/I/2004

1 comment: