Sunday, April 4, 2010

RAMBUT RONTOK BAROMETER KESEHATAN


Kerontokan rambut tak pandang bulu. Yang keriting, yang lurus, yang hitam, yang pirang, sama-sama bisa rontok. Bukan soal kalau rontoknya normal. Tapi bila sudah permanent, jangan disepelekan jika tak ingin masuk barisan orang-orang bergelar “MBA”, Makin Botak Aje. Rambut rontok jadi pertanda adanya gangguan kesehatan.

Anda tidak perlu cemas kalau rambut di kepala setiap hari ada saja yang rontok. Itu lumrah. Siklus hidup sehelai rambut memang begitu : ia tumbuh, istirahat, dan rontok. Tentu saja tumbuh dan rontok silih berganti, tidak bersamaan. Masa pertumbuhannya bervariasi 2-6 bulan: bahkan konon ada yang sampai 25 tahun. Waktu istirahatnya 2-3 bulan, habis itu lalu rontok: biasanya berlangsung terus menerus salama 3-4 bulan.
Rambut menjadi rontok karena pada folikel rambut (foliculus pili) yang masih bisa aktif, tumbuh rambut baru. Kecepatan tumbuhnya rata-rata 0,3 mm per hari atau sekitar 1 cm per bulan ( ada yang menyebabkan 1,25-2,5 cm per bulan). Rambut di kepala berangsur-angsur tebal kembali dalam jangka waktu 6 bulan.

Pada siklus yang wajar 2%-5% dari rambut kepala orang dewasa menjalani masa istirahat. Tapi menurut ahli rambut David Salinger dari Australia, dalam suatu artikel di Majalah Wellbeing, rambut yang sedang istirahat atau berhenti tumbuh sekitar 15 %.

Masih dianggap wajar kalau yang rontok hanya 30-100 helai per hari dari sekitar 150.000 folikel rambut. Menurut lembaga kosmetik pemerintah AS, dari seluruh kasus kerontokan normal atau sementara, 90% akan membaik kembali. Begitu pun kalau mengalami kerontokan sementara akibat stress, keadaansakit ( bersalin, operasi, demam, atau panas tinggi sampai 39,5 derajat celcius), kekurangan zat makanan, menjalani diet ketat (rendah kalori, rendah protein), mengkonsumsi obat tertentu, berhenti makan obat atau ganti obat lain (semisal pil KB).
Dari sifatnya, kerontokan memang ada dua macam rontok sementara dan rontok permanent, dikatakan permanent, kalau kerontokan itu sampai ke akar-akarnya, sebaliknya rontok sementara tidak.

Bila yang rontok lebih dari 100 helai. Itu sudah termasuk berlebihan (istilah telogen effluvium atu diffuse hair lose).
Apalagi bila sampai berlangsung lama 3-4 bulan misalnya. Perlu dingat-ingat kembali apa yang terjadi pada anda 2-4 bulan sebelum kerontokan terjadi. Apakah anda habis melahirkan, operasi, atau demam? Apakah anda berhenti makan obat anti hamil? Kalau penyebabnya tidak juga ketemu, anda disarankan segera berkonsultasi kepada ahlinya.

Frances Sheridan Goulart, penulis Super Healing Foods memberikan cara praktis untuk menilai rambut rontok normal atau berlebihan. Caranya selama dua minggu rambut disisir dua kali sehari pada jam yang sama, setiap hari yang tanggal dikumpulkan dihitung dan dimasukkan dalam amplop berbeda. Kalau rata-rata rontok nya lebih dari 100 helai sehari, disarankan dengan ahli kesehatan rambut, ahli kecantikan atau dokter.

Jangan sampai lapar

Kerontokan rambut yang berlebihan sebenarnya bisa menjadi barometer kesehatan anda. Secara umum rambut yang rontok itu akibat reaksi terhadap gangguan dalam tubuh. Gangguan itu bermacam-macam, bisa bersifat sementara atau serius, menurut ahli kulit Michael Kalman, M.D. dari Mount Sinai School of Medicine, gangguan itu bisa karena tubuh kurang sehat; misalnya menderita rhematioid arthritis, flu, penyakit infeksi lain, hormone tiroid belebihan atau sebaliknya sangat kekurangan.

Disamping itu pengelolaan rambut yang kurang tepat bisa juga menyebabkan kerontokan dan mengurangi jumlah rambut. Misalnya keramas, menyisir,atau menyikat rambut dengan cara yang kasar dan berlebihan.

Garukan jemari apalagi yang berkuku panjang sewaktu keramas akan merontokkan rambut lebih banyak; terutama yang sedang dalam masa istirahat. Beberapa kali pun anda keramas dalam seminggu jumlah rambut yang rontok akan sama. Makanya bagi yang sedang diserang kerontokan rambut jangan takut bershampoo.

Memang tidak ada aturan yang menyatakan secara persis, beberapa kali dalam seminggu rambut harus dikeramasi dengan sampo. Patokannya, rambut yang berminyak perlu lebih sering dicuci dari pada rambut kering; kira-kira dua atau tiga kali seminggu. Untuk rambut yang sangat kering sebaiknya jangan keramasi lebih dari sekali dalam satu minggu.

Menyisir atau menyikat rambut memang tidak boleh sembarangan. Kalau berlebihan, selain bikin rontok bisa menyebabkan ujung rambut terbelah. Sebaiknya hindari juga menyisir rambut yang masih basah. Rambut yang basah sangat rapuh.

Rambut rontok, atau menipis dapat pula disebabkan oleh stress. Ketegangan fisik atau psikis menyebabkan rambut yang berhenti tumbuh(istirahat) meningkat sekitar 10%. Bila stress bisa teratasi rambut kembali normal.

Defisiensi (kekurangan ) asam lemak esensial, dan rendahnya daya serap usus menjadi penyebab rambut rontok. Defisiensi ini ditandai dengan kulit kepala dan alis memerah serta mengelupas. Perut kembung, bersendawa, mual, akibat kebanyakan gas dlalm perut, atau diare merupakan indikasi usus tak dapat menyerap zat makanan dengan baik. Hal ini bisa karena mengkonsumsi banya makanan berbahan tepung saat kondisi stress atu makan terlalu cepat. Bisa juga karenaproduksi asam perut atau wmnzim pancreas kurang, tidak seimbangnya organisme dalam perut, atau makanan berserat terlalu tinggi.

Biang keladi lain menurut Lembaga Diet Amerika, karena diet rendah kalori, rendah protein, dan hanya mengkonsumsi buah-buahan. Para vegetarianyang kurang mengkonsumsi makanan sumber protein dlam jumlah cukup sering menderita defisiensi protein, yang selanjutnya dapat mengakibatkan kerontokan. Diet jauh dibawah 1.000 kalori sehari, bila berlarut-larut akan menyebabkan rambut “kelaparan”.

Selain mineral besi, defisiensi seng, kalsium, magnesium, dan krom, paling umum penyuebab kerontokan rambut. Demikianjuga dengan defisiensi vitamin B12 dan folic acid. Rontok karena kekurangan vitamin B12 pengobatannya bisa dengan mengkonsumsi vitamin B12. vitamin B kompleks terdapat dalam buah dan sayuran. Kalau itu akibat defisiensi mineral (besi, seng, dll). Anda mesti mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral tersebut, atau makanan suplemennya.

Sementara tingginya Dakar tembaga pun mengundang masalah. Bila kadar tembaga dalam tubuh meningkat, kadar seng jadi menurun. Akibatnya rambut menjadi kering dan mudah rontok.

Obat-obatan sementara, menurut Asosiasi Nutrisi Makanan Nasional (NNFA) AS, meliputi obat untuk penyakit jantung, antiradang sendi, dan antidepresi. Antikolesterol dan antirematik diduga juga menjadi penyebab. Bila kasus ini yang dihadapi, perlu pergi ke dokter minta dosis yang lebih rendah.

Hormone juga dominant

Kerontokan permanent umumnya disebabkan oleh kekurangan mineral, anemia, dan ketidakseimbangan hormone endokrin (seperti tiroid, partiroid dll). Hormone endokrin berlebihan atau sangat kurang akan menimbulkan kertidakseimbangan dalam tubuh. Gejalanya akan tercermin pada rambut; pertumbuhan, tekstur, danm kerontokan.

Kurang produksi hormone tiroid (hypothyroidism) menyebabkan rambut rontok, rambut pecah-pecah dan kuku rapuh, kulit kering, lesu, lambat bicara, berat badan bertambah dan alis bagian luar tanggal. Kalau produksi nya berlebihan (hyperthyroidism) pun akan menyebabkan kerontokan, disamping kulit berminyak, berat badan turun, selera makan meningkat., hiperaktif, keluar keringat berlebihan, jantung berdenyut cepat, merasa kepanasan dan mata menonjol.

Demikian pula jika produk si hormone paratiroid kurang, rambut akan rontok. Gejala lain, pembentukan pigmen kulit berlebihan dari kejang otot. Metabolisme kalsium dan fosfor dalam tubuh juga diatur oleh hormone ini.

Hormone glukokortiroid (dari kelenjar adrenal) berlebihan juga berakibat rambut rontok, berat badan naik, tumbuh rambut di wajah berlebihan dan produksi kelenjar minyak meningkat. Gejala ini desebabkan “sindrom cushing”. Kelenjar arsenal kurang aktif pun menyebabkan kerontokan rambut kepala dan bulu ketiak, berat badan turun,m kulit bercak-bercak hitam, dan anemia. Ini desebut “penyakit Addison”.

Produksi hormone insulin yang kurangoleh kelenjar pancreas akan menimbulkan tingginya kadar gula dan (diabetes mellitus), dengan salah satu gejalanya rambut rontok. Sebaliknya,m produk insulin berlebihan menyebabkan kadar gula darah sangat rendah (hypoglycaemia). Akibatnya, rambut rontok, tapi masih bisa dikontrol dengan menu makanan dan mineral (krom dan seng) yang tepat.

Dari semua jenis hormone hanya insulin yang bersifat menekan kadar gula darah. Stress meningkatkan produksi beberapa hormone, sehingga kadar gula darah pun meningkat. Hormone pertumbuhan dari kelenjar hipofise hormone tiroksin dari kelenjar tiroid, hormone adrenalin dan glikokortiroid dari kelenjar adrenal, dan hormone polipeptida dari pulau Langerhans pada pancreas. Kalau stressnya lama. Produksi hormone tersebut malahan berkurang, dan kadar gula darah turun. Kedua ketidakseimbangan itu sama-sama menyebabkan kerontokan rambut.

Hati juga ikut ambil bagian dalam mengatur kadar gula darah. Saat tubuh perlu menaikkan kadar gula darah, hati akan melepaskan glikogen ke dalam darah. Penyakit hepatitis dan sirosis hjati juga mempengaruhi ketidakseimbangan kadar gula darah, yang berakibat rambut rontok.
Pada wanita, ketidakberesan indung telur dapat menyebabkan produksi hormone androgen berlebihan. Akibatnya, memunculkan sifat seks sekunder laki-laki : tumbuhnya rambut wajah berlebihan, resesi rambut kepala pada bagian depan atau atas kepala.

Anemia bisa karena kekurangan zat besi dalam makanan, atau kehamilan, menstruasi berat dan kehilangan darah kronis. Meski tidak sampai menimbulkan anemia, rendahnya kadar zat besi dapat mengakibatkan rambut rontok, rambut kering, dan berwarna lebih terang.

Rawat dan kasih makan

Frances Sheridan Goulart memberikan petunjuk merawat rambut. Sebelum tidur rambut dolesi conditioner. Disisir sampai tuntas, kemudian kenakan topi plasitk, dan wsok pagi dikeramasi. Shampoo perlu dikurangi, dan sebagai gantinya perbanyak conditioner. Pemakaian sampo berlebihan bisa menyebabkan rambut strs dan mudah rontok. Sedangkan conditioner akan melapisi batang rambut dan menambah ketebalan. Rambut yang mulai menipis perlu dipotong.

Memperbaikimenu makan lebih baik ketimbang mencemaskan rambut yang rontok. Menurut Asosiasi Ahli Kosmetik dan Tata Rambut Nasional, AS, rambut perlu diberi “makan” setiap hari. Manu “penambahan rambut” itu meliputi makanan kaya vitamin A, B kompleks, E, dan zat besi. Juga sumber protein nabati : kacang buncis, biji-bijian dan makanan dari kedelai (tahu dan tempe). Konsumsilah buah segar dan sayuran hijau, seperti selada, bayam, kangkung, loibakdsb. Boleh juga sayuran segar, dikukus ringan.

Biji-bijian misalnya seral. Dikonsumsi dua kali sehari,ditambh 6-8 gelas air putih sehari. Hindari susu berlemak tinggi, roti dari gandum putih, makanan gorengan, keju berlemak tinggi, coklat dan garam atau makanan asin karena dapat merusak kesehatan rambut. Menu makanan seimbang dan bervariasi akan nampak pengaruhnya pada rambut dalam 6 minggu. Rambut tidak sehat berkaitan dengan tingginya kadar hormone endrogen dan kolesterol. Sebagai bahan makanan anti jamur dan kacang-kacangan (miju-miju, buncis, kacang polong, dan kedelai) perlu dimasukkan dalam daftar menu.

Hindarkan anoreksia kabohidrat yang menurut ahli kesehatan rambut Philip Kingsley, banyak mengitai anak muda. Penyebabnya karena kuran mengkonsumsi makan biji-bijian, buah dan sayuran segar. Folikel rambut sangat sensitive terhadap defisiensi karbohidrat. Bila berlarut-larut menyebabkan siklus rambut terganggu, rambut kuranmg berkilau dan kurang kuat lalu akhirnya rontok.

Bawang putih, kaya mineral untuk pertumbuhan rambut seperti zat besi dan seng dan dapat memperbaiki penyerapan vitamin A,B kompleks. “Tiga puluh menit memijat-mijatkan irisan umbi bawang putih pada kulit kepala kemudian dikeramasi, akan merangsang sirkulasipada kulit kepala,” kata Jean Rose, ahli tanaman obat. Perlakuan lain yang mdapat merusak rambut, memblok dengan menggunakan alat pengering rambut yang amat panas, mengenakan penggulung rambut terlalu kencang dan pita elastis atau mengepang rambut dengan gelombang panas. Dewan Tata Rambut AS menasehatkan, sekali-sekali perlu melepaskan kebiasaan itu agar rambut bisa “istirahat dari siksaan”. Kalaupun terpaksa, gunakan alat pengering dengan suhu rendah, dan hindari perlakuan rambut yang ditarik-tarik atar rambut tidak rusak dan rontok.

Sumber :INTISARI (kumpulan artikel kesehatan)

No comments:

Post a Comment