Saturday, April 10, 2010

KECERDASAN DAN SUSU FORMULA


Kecerdasan seseorang ditentukan faktor genetic (keturunan) dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan misalnya stimulasi, gizi, dan pola asuh. Jadi tidak ada satu faktor yang mutlak berperan. Memang benar pandapat yang mengatakan bahwa bayi yang diberikan ASI lebih baik daya tahan tubuhnya, kecerdasan (IQ) lebih tinggi maupun kesehatannya secara umum disebandingkan dengan bayi yang tidak diberikan ASI.

Meskipun demikian peran faktor genetic tak dapat diabaikan. Sebagai contoh anak A mempunyai genetic IQ katakanlah 125. jadi dengan pola asuh yang baik, gizi yang baik dan sebagainya, maka dapat dicapai IQ maksimal 125.
sebaliknya anak B potensi IQ-nya 150, tetapi tidak mendapat ASI danpola asuh yang baik, termasuk stimulasi yang cukup mungkin IQ-nya bisa sampai katakanlah 140.

Dari sini kita tidak dapat mengambil kesimpulan bahwa non ASI lebih baik untuk otak hanya nilai IQ B lebih tinggi dari A. Karena “modal dasar” yaitu potensi genetic mereka berbeda. Begitu juga seseorang anak yang diberi ASI tapi sering sakit, mungkin kebersihannya kurang atau tinggal dilingkungan yang tidak baik, misalnya bayak orang sakit. Sebaliknya anak yang tidak diberi ASI bisa saja jarang sakit karena mungkin lingkungannya dan pola asuhnya lebih sehat.

No comments:

Post a Comment