Thursday, April 29, 2010

LIBURAN ROMANTIS BERDUA


Jeda sesaat dengan berlibur dapat membuat perkawinan Anda selalu hidup. Ayo, tentukan pilihan tempat berdasarkan kesepakatan berdua.

Berlibur romantis tak perlu menunggu waktu yang khusus. Lo, bagaimana mungkin? Ya mungkin saja, karena yang dimaksud libur romantis adalah mengisi waktu berdua saja dengan pasangan tanpa anak-anak. Tak harus pergi ke luar kota atau ke luar negeri dalam waktu yang panjang, melainkan cukup singkat saja. Yang penting, acara berdua ini dapat membelokkan Anda berdua dari rutinitas.

Coba bayangkan, Anda berdua tak perlu repot-repot bangun pagi menyiapkan anak-anak, tak perlu membuat sarapan, tak perlu mengawasi anak-anak, juga tak dipusingkan urusan kantor. Satu-satunya "gangguan" hanyalah pasangan yang ada di samping Anda. Hmmm, asyik bukan?

Sebelum berlibur romantis, Anda berdua dapat mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Perencanaannya meliputi apakah pergi ke luar kota atau cukup "mojok" di rumah, bergaya hemat atau foya-foya, ke laut atau ke gunung, dan bermalas-malasan atau melakukan aktivitas bersama.

Ingatlah, libur romantis ini merupakan kegiatan yang dapat menyegarkan cinta Anda dan dia. Untuk membantu memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan libur romantis, berikut panduan yang dapat digunakan:

• Perencanaan

Libur romantis, meski sifatnya kejutan sekalipun, tidak akan terjadi begitu saja tanpa direncanakan sama sekali. Semakin baik perencanaannya, liburan itu akan semakin berkesan karena dipastikan tak ada gangguan apa pun. Sekarang ini, perencanaan libur romantis semakin mudah karena Anda dapat minta bantuan biro perjalanan, baik yang tersedia langsung maupun lewat internet. Semakin mudah lagi karena banyak tersedia paket yang meliputi tiket PP, hotel, penjemputan ke bandara, makan malam romantis, dan tempat serta peralatan yang dapat digunakan untuk aktivitas berdua. Hotelnya pun bisa disesuaikan dengan kantong Anda. Dari hotel berbintang, resor, sampai kelas melati yang resik tapi cukup terisolasi.

• Waktu

Tak ada waktu yang tepat untuk berlibur romantis karena setiap waktu dapat digunakan sesuai kesepakatan berdua. Bahkan di tengah minggu pun Anda berdua dapat mengambil cuti lalu berlibur romantis sejenak. Apalagi kebanyakan maskapai penerbangan memberikan diskon khusus bukan di akhir pekan. Jadi, biaya perjalanan bisa lebih murah. Sangat disarankan untuk tidak berlibur romantis justru di saat hari raya atau libur sekolah karena umumnya tempat-tempat wisata juga menjadi ramai yang tentu mengurangi suasana romantis.

Hanya saja, yang perlu diperhitungkan adalah cuaca setempat. Lewat internet, Anda bisa mengetahui kondisi cuaca di sana. Kalau musim hujan, tentu menghalangi aktivitas Anda berdua di sana. Kecuali tujuan Anda memang hanya ingin bermesraan di kamar. Gemericik air hujan di luar kamar malah bisa menambah suasana romantis.

• Tempat

Teorinya, menentukan tempat harus dibarengi dengan penentuan kegiatan yang hendak dilakukan. Kalau Anda ingin makan pagi di ranjang sambil memandangi matahari terbit, tempat yang paling tepat tentu di pantai. Begitupun bila ingin diisi dengan berenang di pantai atau mengambil kursus windsurfing berdua. Kalau Anda ingin terisolasi sambil mendengarkan suara-suara alam seperti kicauan burung dan bunyi jangkrik sembari leyeh-leyeh berdua di kamar, tempat yang pantas adalah pegunungan.

Kalau Anda berdua penggemar seni, ingin belajar melukis bersama atau ingin berjalan-jalan menyusuri berbagai galeri dan bangunan kuno, mungkin tempat yang tepat adalah kota-kota yang menyimpan sejarah kesenian. Kalau ingin berfoya-foya sambil berbelanja dan menikmati kehidupan malam sampai pagi berdua, tentu tujuannya adalah kota-kota besar yang aktivitasnya tak pernah mati.

• Aktivitas

Bila tak ingin hanya berduaan di kamar terus, pilih aktivitas yang sama-sama belum dikuasai tapi sama-sama diminati. Misalnya saja, ke Bali lalu mengambil kursus diving singkat, melukis, atau ikut kelas memasak di hotel.
Yang jelas, jangan terlalu capek beraktivitas. Bisa dibayangkan, ketika sampai di kamar hotel, yang tinggal hanya kelelahan dan berujung dengan tidur. Sayang kan?

• Barang bawaan

Penentuan tempat bulan madu membantu Anda menentukan barang bawaan. Buatlah daftar barang bawaan yang sesuai dengan tempat tujuan. Sebaiknya bawa yang ringkas dan mudah dilipat. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak karena akan merepotkan Bawalah pakaian yang sesuai dengan iklim tempat tujuan Anda.

Jangan lupakan baju dalam yang seksi. Apalagi kalau Anda hanya ingin berduaan terus di kamar. Siapkan juga baju malam yang istimewa karena pasti setidaknya satu kali Anda akan menikmati makan malam romantis berdua.

Beberapa benda yang dapat membantu meningkatkan suasana romantis dapat juga dibawa seperti satu set aromaterapi (loofah, spongebath, sabun, lilin wangi, dan dupa wangi), dan sebagainya.

Peralatan dokumentasi berupa kamera foto dan video perlu juga dibawa supaya jangan sampai ada momen indah yang terlewatkan.

Saat berada di tempat tujuan, nikmati waktu bersama dengan pasangan. Berikan kejutan-kejutan kecil kepada pasangan dengan menyediakan sarapan pagi, menyuapinya, mandi bersama, dan saling membacakan puisi di malam hari. Saat akan makan malam, pesan terlebih dahulu menu kesukaan pasangan dan beritahu kepada pegawai penginapan, Anda sedang berlibur romantis berdua.

Sering kali, hotel memberikan kejutan yang manis jika kedatangan tamu yang sedang berlibur romantis. Semisal minuman selamat datang untuk berdua, cokelat yang dikemas khusus, rangkaian bunga yang ditata manis, sabun mandi khusus untuk berendam, dan sarapan istimewa di kamar.

Terakhir, jangan lupa pasang tanda "Do Not Disturb" pada pintu kamar sehingga Anda berdua tak perlu diganggu petugas room service.

Santi Hartono (sumber: www.romanticgetaway.com)

No comments:

Post a Comment