Saturday, April 10, 2010

MENELAN TANPA MENGUNYAH

Anak pada umumnya selalu mencari sesutau yang paling mudah dan cepat. Oleh karena itu pada umur enam bulan diperkenalkan dengan makanan semi padat dengan harapan bayi mengenal makanan selain susu dan mulai belajar menelan. Umur satu tahun bayi mulai dilatih untuk mengunyah dengan memberikan makanan yang lebih padat, sehingga pada umur dua tahun bayi sudah dapat makan seperti orang dewasa.

Bila karena suatu hal proses ini terlewatkan maka bayi akan tumbuh tanpa proses belajar mengunyah, sehingga bayi/anak hanya mengetahui bagaimana menelan makanan tanpa mengetahui bahwa makanan harus dikunyah. Hal ini bisa terjadi misalnya setiap ibu mencoba memberi makanan padat bagi anak (selalu muntah), maka dari pada si ibu stress karena bayi/anak tidak bisa makan, diberikan makanan yang mudah ditelan, yaitu makanan cair atau semi padat.

Barangkali anak ibu yang selalu menelan makanan tanpa mengunyah mungkin mempunyai roeayat pemberian makanan tanpa proses belajar menelan. Untuk mengatasi kebiasaan ini, ubah pola makan anak. Bila orang tua makan dimeja makan, ajak anak utnuk duduk bersama atau bila pergi ke restoran ajak anak duduk bersama. Cara lain adalah dengan makan bersama dengan anak lain yang sebayannya. Dengan melihat teman makan mengunyah maka anak akan ikut belajar mengunyah.




No comments:

Post a Comment