Monday, April 26, 2010

MASA KRITIS BERLALU ORGAN-ORGAN TUBUH SUDAH BERFUNGSI DI TRIMESTER KEDUA


Selamat! Kehamilan anda minggu ini memasuki awal trimester kedua. Boleh dikatakan masa kritis perkembangan janin anda telah selesai. Memasuki trimester kedua. Anda sudah lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari, karena gangguan-gangguan awal kehamilan berkurang. Jadi, bisa dikatakan inilah waktunya bagi anda untuk memperbaiki asupan gizi. Apalagi di masa trimester kedua ini. Janin anda sangat membutuhkan nutrisi yang lengkap dan cukup untuk menopang pertumbuhannya.

Leher mengganti bahu

Pada minggu ketigabelas di hari ke-85 ini, bagian leher janin mulai tumbuh sempurna. Pada hari sebelumnya kepala janin masih ditopang oleh kedua bahunya . sejalan dengan perkembangan waktu, pertumbuhan leher dan otot-otot penyangga akan menggantikan fungsi bahu sebagai penyangga.

Pada hari ke -86 juga terjadi perkembangan yang menakjubkan. Aktivitas bernapas, menghisap, dan menelan juga sudah menjadi kegiatan terus-menerus dari janin. Dan, jangan heran ataupun khawatir bila kegiatan tersebut mengakibatkan sejumlah cairan ketuban tertelan dan masuk kedalam saluran pencernaan. Sejumlah cairan yang tertelan untuk memperoses makanannya nanti bila ia dilahirkan.

Di trimester ini, polah tingkah janin semakin aktif dibandingkan bulan sebelumnya. Pada hari ke-87 inipun, janin sudah dapat memutar kepalanya, membuka mulut, dan merapatkan bibirnya. Dan, berat janin pada hari ini sebesar 28 gram. Di hari ke-88 telah selesai penandaan daerah untuk tumbuhnya rambut di kepala beberapa waktu kemudian.

Mulai melatih otot

Pada hari ke-89, kemempuan untuk bergerak bagian kaki, tangan sudah semakin pesat. Kedua telapak tanganya sudah dapat mengepal, menggerakkan ibu jarinya dan menggerakkan pergelangan tangan. Semua pergerakan yang dilakukan janin utnuk melatih otot dan jaringan persyarafan janin. Utnuk mendapatkan gerakan yang halus dan sama dibutuhkan waktu yang lama bagi sistemm jaringan saraf dan otot-otot manusia.

Pada hari ke -90, jantung janin sudah berdetak cepat dan memmompakan sekitar 24 liter darah per hari ke seluruh bagian tubuh. Jumlah akan terus meningkat dan lpada saat lahir nanti, jumlah darah yang dipompakan dalam sehari mencapai 285 liter. Lalu, pada hari ke-91 kaki janin sudah mampu melakukan beberapa gerakan. Janin sudah dapat melakukan gerakan memdang dan melipat serta meregangkan jari-jari kakinya yang teramat mungil.

Minggu keempat belas

Berangsur-angsur perkembangan janin lebih pesat terjadi pada bagian tubuh. Pada hari ke -92, perkembangan bagian leher janin mulai terlihat. Pada hari ini beberapa tulang leher sudah mulai terbentuk. Tulang dan otot leher yang tumbuh akan menopang kepala.

Pertumbuhan tulang pesat

Pada hari ke-93 makin banyak tulang-tulang bagian leher yang terbentuk. Selain itu, tulang punggung dan otot-ototnya adlah bagian tubuh yang hampir sepanjang hari bekerja keras menyangga kepala dan memungkinkan tubuh kita berdiri tegak, juga otot-otot punggung pun semakin tumbuh kuat. Oleh sebab itu, mulai hari ini kepala janin mulai dapat ditopang sepenuhnya oleh leher. Akan tetapi kekuatan otot-otot tersebut masih harus dilatih lagi ketika janin dilahirkan.

Di minggu keempatbelas hari ke -94, bagian tubuh janin akan tumbuh semakin pesat dibandingkan dengan bagian kepala. Dan,m pada hari ke-95 merupakan awal dari perkembangan dan pertumbuhan kuku pada jari kaki. Kuku yang letaknya tersembunyi di bawah kulit. Perkembangan dan pertumbuhan kuku-kuku jari kaki ini akan selesai dalam waktu kurang lebih tiga hari.

Pada hari ke-96, asupan nutrisi pada jaini berasal dari pertukaran zat-zat gizi dan oksigen yang dibawa oleh darah ibu. Pertukaran zat gizi tersebut tidak berlangsung sempurna. Karena itu, tidak semua zat-zat dalam darah yang dialirkan ke hanin dapat terserap. Dan, sebagaian nutrisi yang lain masih dibutuhkan oleh sang ibu. Namun demikian anda tidak perlu terlalu risau karena hal itu tidak akan berakibat buruk bagi janin. Artinya, janin tidak akan kekurangan gizi selama si ibu mengonsumsi gizi yang baik pula.

Pada hari ke-97 jika anda dapat mengamati janin di dalam kandungan, kepala janin saat ini sudah dalam posisi agak tegak karena leher sudah berfungsi sebagai penyangga kepala. Selain itu, kuku-kuku jari kaki janin mulai tumbuh sempurna dan akan tumbuh terus sepanjang hidupnya. Dan, pada hari ke-98 panjang janin mulai ujung kepala sampai kekai b ila diukurmencapai sekitar 120 milimeter. Berat badan janin sebesar kira-kira 100 gr.

Minggu kelimabelas

Pada minggu ini hari ke-99, jaringan lemak pada janin mulai tumbuh dan perkembangan pada minggu ini. Jaringan lemak merupakan jaringan yang sangat penting untuk memproduksi panas tubuh dan metabolisme. Selain itu pertumbuhan berat janin juga semakin besar kira-kira mencapai 100 gr dan panjang tubuh kira-kira 110-120 mm. karena ukuran bertambah besar maka gerakan janin juga mulai bisa anda rasakan.

Hari ke-100, kondisi jantung janin menunjukkan kenerja yang baik. Darah beredar ke seluruh tubuh janin dengan tekanan cukup kuat. Darah tersebut juga dialirkan ke tali pusat. Dan, pada hari ke-101, organ-organ janin sudah lahir nanti. Janin sudah memiliki system peredaran darah. Pada masa pertumbuhannya sekitar 27,5 liter darah per hari ke seluruh bagian tubuh janin.

Pada hari ke-102, refleks janin semakin bertambah. Pada masa ini ada tiga refleks yang mampu dijalankan janin, yaitu menelan, berkedip, dan menghisap. Pada tahap-tahap berikutnya janin akan melatih refleks-refleks lain, sehingga saat lahir nanti, bayi memiliki kurang lebih 70 jenis refleks. Pada hari ke-104 ukuran janin dan plasenta relative masih sama besar. Namun dalam beberapa minggu berikutnya, pertumbuhan janin akan jauh lebih pesat dibandingkan dengan plasenta. Sehingga ketika lahir, berat plasenta tidak akan melebihi berat bayi yang lahir.

Hari ke-105, terjadi perkembangan yang baik pula. Sel-sel yang dimiliki janin mempunyai tugas untuk membesarkan ukuran tubuh dan organ-organ janin. Ada dua cara yang dilakukan seluntuk membesarkan ukuran tubuh dan organ-organ. Cara pertama dengan membesarkan tubuhnya sampai suatu tingkat tertentu. Cara kedua dengan membelah diri terus-menerus sehingga jumlah sel-sel semakin bertambah banyak.

Minggu keenambelas

Pada akhir minggu trimester kedua ini sudah cukup banyak perubahan yang terjadi pada janin terutama yang berkaitan dengan letak beberapa organnya, seperti mata dan telinga. Pada hari ke-106, mata janin sudah berada di tempat yang seharusnya. Pada saat ini mata janin sudah terletak di wajah bagian depan tetapi letaknya masih relative berjauhan. Dan, posisi tersebut masih akan bergeser selama beberapaminggu kedepan, sehingga ketika ba
Yi lahir nanti, matanya sudah terletak pada posisi normal.

Hamper sama dengan mata, awal pembentukan telinga terjadi di tempat uang seharusnya tetapi agak sedikit ke bawah. Karena pertumbuhan tulang-tulang kepalanya, maka posisi telinga secara berangsur-angsur bergeser menuju lokasi uang semestinya pada jari ke-107.

Kondisi usus besar janin sudah mulai terisi oleh mekonium atau bentuk awal dari feses kira-kira pada hari ke-108. feses yang ada di sel mati, cairan ketuban yang tertelan, dan ampas sisa pencernaan. Mekonium ada karena bekerjanya system pencernaan. Pada hari ke 109 tulang-tulang janin sudah mulai mengeras, yang awalnya terbentuk dari tulang rawan. Namun demikian secara umum, tulang kerangka janin pada minggu ini masih sangat elastis. Dan, sementara itu pada bagian ujung jari-jari tangan dan kaki mulai terbentuk sidik jarinya.

Janin memproduksi antibodi

Keaktifan dari gerak janin pada hari ke-110 semakin berkembang pesat. Janin sedah dapat menoleh kekiri dan kanan serta melakukan gerakan bernapas. Pada hari ke- 111 sistem kekebalan tubuh janin juga sudah mulai berfungsi. Janin sudah mulai mamproduksi antibody. System kekebalan tubuh dan antibody merupakan system pertahanan tubuh yang berfungsi menangkal kuman, bakteri, virus atau partikel asing yang dapat membahayakan dirinya.

Pada hari ke-112 atau akhir minggu trimester kedua mulai terjadi proses myelinisasi, yakni proses di mana sell-sel saraf janin dibungkus dengan suatu jenis lemak yang disebut myelin. Myelin juga berfungsi sebagai bahan isolasi yang membungkus sel syaraf, sehingga transmisi siyal tidak terganggu. (ibu&anak no.375)

1 comment: