Sunday, April 18, 2010

MERAWAT SI MUTIARA WAJAH


Setiap orang pasti mendambakan gigi yang putih karena gigi putih menjadikan senyum lebih cemerlang. Untuk mendapatkan senyum yang menawan diperlukan gigi yang terawat dan napas yang segar. Selain itu, bentuk dan susunan gigi akan mempengaruhi bentuk wajah seseorang hingga dapat terlihat lebih menarik.

Pada dasarnya, warna gigi kita yang sesungguhnya adalah putih. Namun dengan banyak zat-zat makanan yang melewatu gigi juga oleh faktor usia, sehingga warna gigi tak bisa bertahan putih selamanya. Itulah yang semestinya kita jaga. Jika bermasalah dengan tampilan gigi, jangan khawatir karena sekarang ada banyak cara untuk menobati dan mengatasinya.

Berkat kemajuan teknologi, kini sudah tercipta beragam metode yang sederhana untuk memecahkan masalah gigi, namun memberikan hasil yang maksimal. Mulai dari memperbaiki atau mengubah susunan gigi, membentuk gusi, memperbaiki gigi yang rusak, menanamkan kembali gigi yang sudah lepas, hingga mengubah warna gigi menjadi lebih cerah atau lebih putih.

Pasta gigi pemutih

Selain bleaching, pemutihan gigi dapat juga dilakukan dengan menggunakan pasta gigi penutih yang kini banyak di jual di pasaran, namun cara tersebut memakan waktu yan cukup lama untuk mendapatkan hasilnya. Sebelumnya cukup banyak pasta gigi pemutih yang bersifat abrasive, namun kini sebagian besar telah menggunakan enzim dan formula kimia sehingga tidak membahayakan gigi.

Gosok gigi teratur

Cara mudah dan sederhana untuk merawat gigi tetap putih adalah menggosok gigi tiga kali sehari dan setiap selesai makan. Namun hati-hati dalam menyikat gigi. Jangan terlalu keras karena itu malah bisa membuat gigi abrasi dan rusak. Lebih bagusnya gunakan sikat gigi elektri dan atur waktu menyikat gigi selama dua menit.

Bleaching

Bleaching merupakan cara teracepat untuk memutihkan gigi. Model perawatan gigi putih kini sudah banyak tersedia di klinik gigi maupun klinik kecantikan. Cara tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan sinar laser untuk menghilangkan kusam yang disebabkan oleh flek makanan, minuman, dan juga rokok. Gigi dapat di bleaching sebanyak yang anda inginkan, namun hati-hati karena semakin sering gigi putih yang dihasilkan akan terlihat tidak alami.sebaiknya anda menghindari makanan dan minuman seperti kopi dan the beberapa minggu setelah proses bleaching menggunakan laser. Perawatan tersebut biasanya bertahan selama dua hingga tiga tahun.

Konsumsi buah dan sayuran

Untuk mendapatkan gigi yang terawatt, tidak ada salahnya memperbanyak konsumsi makanan yang berfungsi sebagai pemutih gigi alami. Bahan-bahan alami yang cukup efektif untuk membersihkan gigi di antaranya: apel, wortel dan seledri.

Hindari plak

Sejumlah zat bisa melekat di gigi dengan mudah. Oleh karena itu sebisa mungkin mencegah terbentuknya noda gigi atau plak. Ada cara sederhana untuk mengatasi itu, makanlah brokoli, daun selada atau bayam untuk mencegahnya. Sayur-sayuran itu terbukti sangat manjur untuk urusan mencegah noda gigi.

Gosokkan strawberry

Strawberry diyakini sebagai buah yang berkhasiat untuk memutihkan gigi. Untuk mendapatkan hasil, cara yang perlu dilakukan hasil, cara yang perlu dilakukan adalah hancurkan strawberry lalu tempelkan di seluruh gigi. Diamkan strawberry selama dua menit. Setelah itu gosoklah gigi dengan bersih.

Tambal gigi

Bila gigi anda berlubang lakukan tindakan penambalan. Kini sudah ada penambalan gigi yang menggunakan bahan penambalan gigi berlubang dengan warna yang sama seperti gigi asli.

Pakai kawat gigi

Jika kondisi gigi terlalu berjejal maju-mundur, gingsul, tonggos, gigi jaraknya berjauhan, tidak ada salahnya menggunakan kawat gigi. Sat ini kawat gigi telah mengalami perkembangan berarti. Bentuknya pun beragam. Dari yang lepasan sammpai tetap. Dari yang berbahan kawat sederhana, besi, sampai yang terbuat dari emas berhiaskan berlian.

Apa pun jenis, model, dan bahannya , prinsip kerjanya sama saja, yaitu sebagai pendorong atau penarik gigi. Terkadang kawat gigi juga dipakai untuk sekedar sebagai penghisas gigi.(ibu&anak no.375)



No comments:

Post a Comment