Thursday, April 29, 2010

PORSI MAKAN IBU HAMIL SAAT PUASA




Pada trimester pertama umumnya akan ada penambahan berat tubuh sebanyak 1 kg yang sepenuhnya tertuju untuk kebutuhan ibu, meski bukan berarti janin dalam kandungannya tidak tumbuh dan tidak membutuhkan suplai makanan. Selama trimester kedua, terjadi penambahan berat sekitar 3 kg. Porsi penambahan berat ini adalah 60% untuk ibu sebagai "tabungan" lemak dan kebutuhan lain, sementara untuk janin sekitar 40%. Sedangkan di trimester ketiga idealnya ada penambahan sebanyak 6 kg, dimana 60% dari penambahan berat tersebut untuk janin, sementara 40% sisanya untuk ibu.

DILARANG BERPUASA JIKA...

  • Ibu hamil penderita diabetes karena penderita diabetes amat rentan mengalami hipoglikemia yang akan sangat membahayakan dirinya.
  • Ibu hamil yang menderita penyakit serius atau kronis yang mengharuskannya minum obat secara teratur selama jam-jam puasa. Alpa minum obat akan berakibat fatal bagi si ibu maupun janinnya.
  • Ibu hamil yang janinnya dinyatakan mengalami IUGR/Intra Uterine Growth Retardation alias keterlambatan pertumbuhan. Memaksakan diri berpuasa sama saja artinya semakin membatasi suplai makanan ke janin yang jelas-jelas pertumbuhannya terhambat akibat adanya kelainan fungsi plasenta.
  • Ibu hamil yang mengidap gangguan lambung kronis. Kondisi lambung yang kosong terus-menerus akan membuat asam lambung semakin mengiritasi dan memperparah kondisi lambung. Bila berlanjut bisa saja menimbulkan perforasi atau kebocoran pada dinding lambung.

DAMPAK PADA JANIN

Sejauh ini belum ada penelitian mengenai ada tidaknya imbas negatif ibu berpuasa terhadap janinnya. Dalam arti, apakah fluktuasi kadar gula darah maupun lemak darah ibu selama berpuasa akan memengaruhi metabolisme dan fluktuasi hormon-hormon janin yang selanjutnya akan berpengaruh pada percepatan/perlambatan pertumbuhan janin atau tidak.

TABEL KEBUTUHAN NUTRIEN

Berikut tabel kebutuhan gizi wanita pada umumnya plus tambahan nutrien yang dibutuhkan saat hamil, diambil dari Angka Kecukupan Gizi Tahun 2004 bagi Orang Indonesia.


NAKITA

No comments:

Post a Comment