Tuesday, April 6, 2010

MELATONIN TAK BOLEH DIKONSUMSI BERLEBIHAN

Belakangan makanan kesehatan melatonin semakin popular, terutama karena berkhasiat sebagai anti-jetlag sekalian obat tidur. Drs. Hartono Hdw. Menjelaskan bagaimana cara penggunaannya.



Sebenarnya dalam tubuh kita pun zat melatonin ini juga diproduksi oleh kelenjar pineal, dibagian otak tengah. Zat ini hanya diproduksi pada malam hari oleh tubuh, dibentuk dari asam amino tryptophan dan hormone serotonin dengan bantuan mineral kalsium dan magnesium.





Walaupun kin di Negara-negara maju dan di kota-kota besar makanan kesehatan melatonin semakin popular, kita harus ingat bahwa makanan kesehatan seperti juga obat, tidak boleh dimakan sembarangan atau di makan dalam dosis berlebihan; meskipun sampai saat ini belum tercatat menimbulkan efek sampingan yang membahayakan.



Belum lama iniAS dipublikasikan buku berjudul melatonin miracle hasil penenlitian Walter Pierpaoli MD. PhD. Dan William Regelson MD, edisi April 1996. dalam buku ini antara lain dikatakan, Poerpaoli telah melakukan percobaan klinis penggunaan melatonin pada hewan percobaan tikus maupun manusia. Ia bisa merangsang bekerjanya kelenjar pituitary, pengontrol produksi hormone LH dan FSH, yang mengtur fungsi seks, fungsi kelenjar tiroid, reproduksi metabolisme sel, turun naiknya suhu badan, serta pembakaran tenaga atau energi.



Selain itu Pierpoli juga menenmukan bahwa melotnin dapat pula menetralisasi stress dengan menekan produksi hormone stress serta hormone kortikoxteraroid yang keluar oleh anak ginjal. Melatonin, katanya juga dapat menurunkan kolesterol meningkatkan system imunitas sel karena meningkatkan kembali fungsi kelnjar timus. Zat ini juga antioksidan yang kuat, yang dapat menetralisasi radikal bebas yang menimbulkan penyakit kanker, tumor ganas, dan sejenisnya.



Dalam percobaan klinik pada tikus tua, ternyata setelah diberi melatonin tikus tersebut kembali menjadi “muda”. Sedangkan percobaan pada tikus muda yang diganti kelenjar pinealnya dengan kelanjar tikus tua, ia langsung menjadi tua karena kelanjar itu tidakmemproduksi melatonin lagi.

Bagaimana percobaan pda manusia? Ternyata hasil pemberian melatonin setiap hari selama beberapa bulan kepada ibu mertua Pierpaoli, yang sudah berusia 75 tahun pada tahun1984 sangat menggembirakan. Sampai buku tadi diterbitkan, sang ibu mertua masih sehat, kuat, dan bergairah.



Dr. W. Pierpaoli menemukan juga bahwa dosis besar melatonin 75 mg per hari, dapat digunakan sebagai obat kontrasepsi atau KB. Mungkin hanya ini efek sampingannya.

Namun menurut peneliti tersebut, pemberian dosis makanan kesehatan ini harus menjelang jam tidur dan disesuaikan dengan usia, yakni :



Usia

Dosis

40-44

0,5-1 mg

45-54

1-2 mg

55-64

2-2,5 mg

65-74

2,5-5 mg

75-keatas

3,5-5 mg





Supaya bisa tidur enak, 0,2-10 mg, untuk keperluan jetlag 1-10 mg serta untuk antiketuaan 0,1-3 mg.

Hendaknya makanan kesehatan ini diberikan kepada mereka yang sudah berusia 40 tahun keatas dan hanya pada malam hari menjelang tidur pada waktu setempat.

Perlu diketahui pula, melatonin bereaksi dengan beberapa obat lain sehingga cara minumnya jangan dicampur dengan obat untuk penyakit lain tertentu, yang dapat mengurangi produksi melatonin obat-obatan lain tersebut, misalnya :

  • Obat NSAID (non steroid anti inflammation drugs), a.l. aspirin, ibuprofen, indothacin, paracetamol.
  • Obat beta-blockers, a.l. protenolol, atenolol, metoprolol, timolol.
  • Obat antagonis kalsium, a.l. dilthiazem, verapamil, nifedipin, micardipin, nimodipin.
  • Obat penurunan tekanan darah tinggi, a.l. reserpin, clonidin, prazosin.
  • Obat penenang seperti diazepam, alprazolam, flutrazapam.
  • Obat antidepresi, a.l. fluoxetin, fluvoxamin, inhibitor MAO.
  • Kafein, termasuk minuman the, kopi, coklat yang mengandung bahan kafein.
  • Vitamin B12
  • Alcohol
  • Kartikosteroid seperti deksamatason
  • Sebaliknya, obat yang dapat merangsang produksi melatonin, a. l. :
    • Vitamin B3 atau nikotinamida2.

    • VitaminB63.

    • Mineral kalsium dan magnesium4.

    • Asam amino trytophan

Dr. W. Pierpaoli bahkan menganjurkan minuman cocktail melatonin yang terdiri atas : R/nikotinamida 100 mg, kalium 1.000 mg dan magnesium 500 mg, diminum malam hari. Sedangkan pagi hari minum 25-30 mg vitamin B6.

Sebenarnya sebagai orang Indonesia kita tidak perlu terlalu khawatir kekurangan zat melatonin karena menurut Pierpaoli, melatonin banyak juga terdapat dalam makanan sehari-hari seperti :



Beras

1,006 picogram/g

Jagung

1.366 picogram/g

Jahe

583 picogram/g

Tomat

500 picogram/g

Pisang

460 picogram/g





Pierpaoli dalam buku ini juga menganjurkan, bila kita hendak membeli melatonin, sebaiknya dipilaih yang sintetis (jangan dicampur dengan vitamin B6), karena khasiatnya akan lebih nyata.

Ia juga menemukan, selain kelenjar pineal, melatonin jug aditemukandi lambung yang khasiatnya untuk memperlambat proses pencernaan sehingga penyerapan vitamin dan mineral semaksimal mungkin.

Belakangan malah para peneliti menyatakan bahwa melatonin juga dapat mencegah jantung koroner, insomnia (sulit tidur), serta regresi tumor!



Sumber :INTISARI (kumpulan artikel kesehatan)





No comments:

Post a Comment