Friday, March 12, 2010

PERAWATAN WAJAH UNTUK PRIA

Merawat wajah bagi pria insya Allah tidak tabu, karena termasuk menjaga kebersihan. Apalagi bekerja di lapangan yang banyak ‘menuai’ debu, kotoran, polusi, dan sinar ultraviolet (uv) dari matahari. Membersihkan kulit wajah dengan rutin dan teratur perlu untuk mencegah timbulnua jerawat, bisul atau infeksi virus dan jamur.

Perawatan kulit wajah untuk pria pada dasarnya adlah pembersihan dan perlindungan. Sepulang kerja sebelum mandi, kulit wajah sebaiknya dibersihkan dengan susu pembersih (atau pembersih two in one kalau ingin praktis), diangkat dengan waslap basah. Kemudian pada waktu mandi di cuci dengan sabun khusus kulit wajah (pH seimbang 5,5) atau boleh juga sabun bayi, dan dibilas sampai bersih. Setelah dikeringkan dengna handuk, dianjurkan untuk mengoles penyegar (astringent/face tonic) secara merata pada wajah, terutama untuk kulit yang berminyak dan berjerawat.

Malam hari tidak usah dioleskan apapun, kecuali untuk kulit yang bermasalah misalnya jerawat mamakai obat jerawat dll.

Bangun tidur pagi hari wajah cukup dicuci dengan sabun dan air sambil mandi, dan setelah mandi oleskan lotion atau gel tabir surya. Sunscreen/sunblock untuk melindungi kulit dari sinar uv, terutama untuk pria yang bekerja dilapangan. Jangan lupa mengulangi memakai tabir surya setelah shalat dhuhur dan shar. Sebenarnya sederhana dan mudah dilakukan. Asal dilakukan dengan rutin, teratur dan tekun, InsyaAllah akan mendapatkan kulit sehat dan bersih. (UMMI/MEI2005)


No comments:

Post a Comment