Wednesday, March 24, 2010

PERANG MELAWAN KERIPUT WAJAH



Suntik, bedah, sayat, mengetsa dan menyisipi adalah upaya dokter bedah bagi mereka yang ingin bebas keriput. Teknik-taknik baru mulai bermunculan. Tapi sebelum menjalaninya timbang-timbang dulu untung ruginya. Inilah sedikit gambaran yang akan dihadapi apabila ingin mencobanya.





Sejenak Anne Ready menahan napas saat dr. Zein Obagi mengoleskan larutan obat ke seluruh wajahnya. Butir-butir gelembung beku berwarna putih mulai bergemerisik di kulitnya. Dengan batang berkapas, ahli bedah plastic dari California ini mulai memberi tanda pada sekitar mata dan mulut. Ia menanti beberapa menit, mengambil spons lembut, dan mengoleskannya ke wajah. Seperti bunglon, tiba-tiba warna wajah berubah. Bayangan merah jambu keungu-unguan melapisi seluruh kulit. Bercak-bercak warna kobalt terbentuk. Dan seluruh wajah berwarna biru metalik. Dua puluh menit, prosedur selesai.



Seperti memakai topeng Anne Ready kelihatan seperti makhluk luar. Ia menyembunyikan wajahnya di balik topi dan kaca mata hitam, memanggil taksi, langsung pulang ke rumah. Dua hari ia terdiam diri dalam apartemennya. Selama itu, warna biru yang menutupi wajahnya hilang sedikit demi sedikit, kulitnya mengelupas jadi putih seperti bawang putih. “kulit saya terasa peka, “ kata Anne setelah seminggu kulitnya mengelupas, “Tapi, saya kelihatan lebih muda dan tidak lelah. Lebih segar dan hidup.



Tetapi peeling dengan zat warna biru oleh zeinObagi sekarang ini lagi kondang di Beverlky Hills,AS. Makanya tak heranjika Anne Ready juga ingin mencobanya. Ia ingin menjadi bintang rock yang muncul di media, dengan energi seorang wanitaberumur 30-an. Padahal usianya sudah 48 tahun.



Ide menghilangkan kerut di permukaan wajah dengan cairan yang merangsang sudah berusia 3000 tahun.” Kata Obagi yang ahli dermatologi. Sudah sejak zaman Firaun, orang mesir berksperimen dengan ekstrak tanaman untuk menghaluskan kulit. Dengan bahan itu mereka membuat pembakaran ringan di wajah dan cara itu membuat kulit mengelupas.



Zein Obagi mempergunakan asam trichlor yang encer dicampur larutan obat berwarna biru. Lewat perubahan nuansa warna, pionir peeling dengan bahan kimiawi ini dapat mengontrol kedalaman obat yang terasa panas di kulit ini. Kulit jadi tidak terluka. Lewat persenyawaan dengan zat biru, asam tidak bereaksi terlalu agresif dibandingkan dengan terapi pengelupasan yang lain.



Pada terapi yang lain, pasien yang hanya dibius local kadang merasa tersiksa. Obat pengelupas itu sering kali terlalu dalam masuk ke kulit, sehingga terasa nyeri, terjadi gangguan pigmen, dan bisa mengakibatkan luka.



Sebaliknya, blue peel dari Obagi Cuma terasa nyeri selama dua, tiga menit. “Itu juga rasanya seperti wajah tersiram saus merica yang pedas,” kata Anne Ready.



Sementara dr. Ali Ismail salah seorang dokter bedah plastic di Jakarta yang pernah mdngikuti program dr.Zein Obagi menambahkan, pasien diberi suntikan penenang sehingga saat dilakukan penanganan tidak menderita. Kulit pun tidak langsung licin seperti yang diinginkan. Selama beberapa minggu kulit terlihat berwarna merah, lalu berangsur-angsur menjadi kecoklatan, barulah setelah itu memutihka sedikit demi sedikit. Hasil yang prima baru diperoleh sekitar 4-6 bulan sesudahnya.



Jangan suka marah, stress dan sedih



Ternyata, garis-garis di wajah akan makin dalam terbentuk apabila kita marah, stress, atau dirundung kesedihan. Kulit adalah cermin jiwa, demikian pepatah bijak kuno



EFEK DAN RESIKONYA



JENIS TERAPI

TEKNIK

DAMPAK POSITIF

KERUGIAN / RESIKO

Terapi kolagen

Kolagen yang sudah disucikan disundtikkan langsung kekulit bagian dalam. Untuk terapi ini diperlukan tes alergi empat minggu sebelumnya.

Efek langsung dirasakan memperbaiki struktur kulit, kelihatan lebih muda.

Kolagen dibuat oleh tubuh kita sendiri, jadi perlu waktu, efek hanya bertahan beberapa bulan, harus dilakukan suntik ulang jika menginginkan hasil tetap prima.

Artekol

Butiran kaca bening kecil-kecil yang dicampur dengan kolagen disuntikkan ke tempat yang berkerut. Kolagen akan turun, sementara butiran kaca bening akan tinggal di dalam kulit. Untuk terapi ini diperlukan tes alergi.

Bertahan lebih lama

Pada penyuntikan di permukaan kulit, butir-butir bening itu kelihatan seperti serangkaian mutiara.

Terapi lemak

Lemak dari bagian pantat di sedot dengan bantuan jarum suntik dan diinjeksikan ke wajah yang berkerut.

Tidak terjadi gangguan alergi karena lemak diambil dari tubuh pasien sendiri.

Penyedotan lemak cukup nyeri dan terapi harus diulang setelah beberapa bulan.

Benang emas

Benang emas tipis dimasukkan ke bawah kulit yang berkerut dengan bantuan jarum. Organisme akan membentuk jaringan ikat di sekitar “benda asing” itu.

Bahan mudah menyatakan dengan jaringan ikat

Selama terapi diperlukan upaya bius local. Selain itu hasilnya pun tidak langsung dirasakan, karena harus ada perubahan biologis dulu.

Gore- tex

Dalam dunia kedoktran gore-tex sudah lama dipakai untuk menangani kasus memperbaiki pembuluh vena. Ia akan dipakai sebagai benang buatan yang akan disusupkan ke tempat yang berkerut.

Hasilnya dapat bertahan lama dan paling cocok untuk menangani kerut-merut yang parah atau bahkan bisamembuat kerutan baru.

Terapi memerlukan pembiusan local. Kalau ekspresi wajah terlalu banyak di hari pertama sehabis diterapi, benang bias merosot.

Facelift

Dengan bantuan pisau bedah, kulit yang berpermukaan besar dan kendur di kencangkan, agar bagian-bagianwajah yang “melorot” dikembalikan seperti posisi semula.

Wajah kelihatan lebih muda, kerutan di dahi dan sekitar hidung hilang.

Pasien harus dirawat inap,dibius, total, suka terjadi pembengkakan, hematome, dan wajah seperti bopeng.

Pemendekan otot

Otot wajah yang kendur diperpendek dan di beri “penyangga” baru. Kulit wajah akan jadi selaras dan bias cukup tegang untuk dijahit.

Berkat upaya ini, kekencangan kulit bias bertahan sampai 10 tahun, selain itu lebih kelihatan alami.

Pasien dirawat inap, menderita rabun senja, hematome dan pembengkakan.

Ridolyse

Rambut pendek sehalus, rambut dimasukkan ke bawah kulit yang keriput. Getaran listrik akam memperbaharui jaringan ikat. Hasilnya, kulit wajah menjadi lebih licin.

Dapat bertahan selama 3 tahun. Tidak ada reaksi alergi

Terjadi hematome ringan pada tempat penusukan jarum

Hormone kosmetik

Setelah memriksa kadar hormone, sejenis krim khusus mengandung estragen dioleskan ke wajah. Kelembapan kulit yang makin bertambah membuat kulit menjadi makin licin.

Mudah digunakan membuat penampilan bertambah muda memperbaiki struktur kulit.

Jika pengolesan dihentikan efeknya berkurang. Selain itu kulit begian dalam tidak terjangkau

Dermabrasi Mikro

Kristal mikro yang ekstra halus dan steril diemprotkan ke permukaan kulit. Kulit akan dilicinkan selapis demi selapis

Terapi ini tidak memrlukan pembiusan dan pengamplasan terjadi sampai kedalaman kulit.

Kulit menjadi merah dan makin dalam pengamplasan kemungkinan terjadi pendarahan makin besar.

Dermabrasi

Sambil dibius total, lapisan kulit bagian atas di amplas dengan disikat dengan kecepatan tinggi.

Kulit bebas kerut dan tambah licin

Pasien harus dirawat inap, ada resiko pembiusan bahaya infeksi hasil yang diharapkan baru terlihat setelah 4 minggu diterapi.

Peeling dengan bahan kimia

Kulit dibasahi dengan fruit acid atau asam trichlor. Beberapa hari kemudian bagian atas kulit muka mengelupas, dibawahnya tampak kulit baru berwarna merah jambu.

Makin dalam upaya peeling dilakukan, makin banyak kerut yang hilang, kulit pun jadi lebih halus dan selaras.

Ada efek bius atau rabun senja, bias timbul bekas luka dan noda, dan terapi cukup nyeri.

Blue peel

Satu variasi dari peeling dengan bahan kimia namun yang lebih ringan karena konsentrasi asam trichlornya lebih sedikit. Dengan menambahkan bahan pewarna biru yang tidak berbahayam masuknya cairan asam tersebut lebih terkendali.

Tidak perlu dibius, dan kulit pun keliahatan lebih segar dan merah jambu.

Wajah kelihatan biru selama 2-3 hari setelah terapi. Tidak dianjurkan untuk melakukan sebagian-sebagian.

Laser

Dengan teknik yang disebut skin resurfacing, lapisan kulit diangkat dengan bantuan sinar laser.

Kerut-merut ringan dansedang segera hilang.

Terjadi pembengkakan merah-merah dan parut parut bekas luka. Kulit yang dirawat dengan cara ini bias sampai 3 minggu berubah warna menjadi terang.





Namun hal lain yang tak bias dipungkiri adalah factor usia yang makin menua membuat kulit layu. Kulit menjadi tipis danmengeriput.karena jaringan serat kolegen yang lentur tidak berfungsi baik. Kebanyakan terkena sinar matahari, juga akibar merokok makin memperparah kondisi. Bantalan lemak yang melicinkan kulit setiap tahun makin berkurang, dan mulai meuncul flek-flek tanda ketuaan yang pertama.



Barang siapa sering tertawa lebih sedikit kerutnya. Soalnya, setiap 17 otot yang dipakai kala kita memperlihatkan mimic gembira, membentuk suatu jaringan yang mengencangkan kulit. Itulah yang telah ditemukan ilmuwan Amerika. Orang yang suka mengeluh memrlukan 43 otot yang tidak ada hubungannya satu sama lain dan menyebabkan kerut-kerut yang dalam.



Namun emosi yang baik saja tidak cukup sebagai kosmetik. Garis-garis di sudut mata atau sekitar mulut tak bias hilang tanpa bantuan para dokter estetika dengan aksinya membedah, menyayat, atau menambal kulit.



Majalah ilmu pengetahuan AS, New Scientist melaporkan ditemukannya obat antikerut. Obat buatan farmasi AS Ortho ini telah diproduksi sejak tahun1970 an sebagai terapi melawan jerawat. Wanita yang memakai losion ini untuk menghilangkan jerawat, konon juga merasa kulitnya bertambah licin dan lentur.



Segera saja perusahaan pembuatnya membuat penelitian. Diadakan tes terhadap 300 orang pemakainya yang usianya berkisar antara 29-50 tahun. Mereka yang berkulit keriput, tercemar sinar matahari, dan ada noda karena usia tua diolesi Renova di wajahnya selam 6-12 bulan. Dalam tenggang waktu tertentu kulit diteliti sampai dalam dengan alat profilometri. Terbukti satu dari 4 orang “kelinci percobaan” yang telah mengoleskan wajahnya selama enambulan makin memudar noda di kulitnya.



Bercinta obat awet muda



Di kulit wajah terutama terdapat sel-sel yang mengandung hormone yang peka, yang membentuk air muka dan meningkatkan daya tarik seks. Sementara permainan cinta itu sendiri dianggap dapat mempercantik seseorang karena makin meningkatnya hormone wstrogen dan kebahagiaan yang memancar dari dalam tubuh.



Seks adalah kosmetik yang terbaik,” kata dr. Schimpi dari Saizburg. Atas asumsi dia atas, diadakanlah penenlitian terhadap 35aa orang yang kelihatan lebih muda daripada usianya oleh dr. David Weeks dari rumah sakit di Edinburgh, Inggris. Hasilnya, mereka semua rata-rata rutin melakukan hubungan intim.



Ahli alergi dari Zurich jug amengembangkan resep anti kerut buat pria dan wanita, yang terbuat, baik dariluar maupun dalam, akan memperoleh pengganti sel-sel yang rusak “Kulit seperti disuntik daya untuk membentuk sel baru” kata Walti.



Tim dokter tersebut merawat para pendaki gunung dan regu ski Austria yang kulitnya rusak oleh matahari daerah gletser selama hari-hari latihan dan pertandingan. Sinar ultraviolet mencari elastin dan kolagen, yakni jaringan protein yang membuat kulit kencang dan lentur. Barang siapa ingin menghindari kulit yang keriput, sebaiknya menjauhi sinar matahari. Padahal kulit berwarna perunggu karena terbakar matahari tidak hanya didambakan oleh para olahragawan, tetapi juga jadi standar ideal kecantikan para gadis bule. Sebagai jalan keluarnya.



Bahan-bahan buatan Schimpf bias jadi pilihan bagi yang suka bermandi sinar matahari.

Namun jika garis-garis kehidupan makin dalam di wajah, obat-obatan kecantikan yang lembut tidak dapat lagi membantu. Kerut di dahi kulit kaki mengelupas, dan kulit keriput kini bisa dilawan dengan laser.



Sedikit sinar blitz dan street, operasi selesai, “ demi kian seorang mantan model AS berkata. Setelah menjalaninya bedah plastic. “Mata dan mulut terasa membengkak.” Lima hari lamanya wajahnya terbalut perban basah; empat minggu lamanya mukanya diolesi vaselin. Enam bulan setelah “penyiksaan” itu, wajah idamannya baru didapat.



Apakah itu peeling dengan laser, asam, mesin bubut, atau kristal mikro yang lembut, hasil yang bagus baru diperoleh jika dikerjakan oleh dokter bedah yang berpengalaman. Para pelaku amatir juga janjikan hasil yang bagus, tetapi mereka juga tidak memberi tahu bahaya yang ada.



Harus dilakukan oleh ahlinya



Menurut dr. Sidik Setiamihardja, kepala sebuah rumah sakit bedah plastic di Jakarta, makin banyak orang yang mengaku-ngaku sebagai ahli bedah plastic. Yang lebih ngeri lagi, ada praktik-praktik yang tidak terbuka yang informasinya diperoleh pasien dari mulut ke mulut. “Akibat reparasi kantung mata yang menggelambir saja, jika dilakukan seorang bukan ahlinya, bias mendatangkan petaka,” tambahnya lagi.



Yang jadi pertimbangan awal meemang soal mahalnya biaya operasi yang dilakukan oleh seorang dokter ahli. Padahal kalau pasien sadar akan resiko yang ditanggungnya, ia tentu tidak akan gegabah memilih dokter yang menanganinya.



Dr. Joram Levy, dri Jerman, juga menguatkan pendapat diatas. Ia memperlihatkan foto seorang wanita yang bekas jahitannya memanjang di balik telinganya yang menggelambir. Sementara foto lain memperlihatkan wajah yang terlalu tertarik sehingga kaku seperti zombie.



Perang dengan kerut memang tidak dilakukan sebarangan saja. Segalanya diperhitungkan. Seorang dokter bedah plastic haruslah seorang perfeksionis yang mempertimbangkan segala hal sampai sekecil-kecilnya.ia juga harus tahu psikologi dan seni penyelarasan sehingga bias menyulap seekor itik buruk rupa menjadi angsa tanpa kehilangan identitasnya. Maka, sebelum memutuskan melakukan upaya macam-macam untuk memrangi kulit yang mengeriput, simak dulu segala keterangan, agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.





Sumber :INTISARI (kumpulan kesehatan)





No comments:

Post a Comment