Friday, March 5, 2010

PENDARAHAN DAN INFEKSI KANDUNGAN

Adanya kehamilan pada tahap yang sangat awal,kira-kira kurang dari 4 pekan, tidak dapat dilihat atau dipastikan dengan USG, tetapi perlu pemeriksaan jaringan yang keluar dari rongga rahim. Sudah ada penelitian yang menemukan adanya tanda kehamilan pada darah haid yang diperiksa. Artinya wanita tersebut sudah hamil meskipun belum dilakukan tes kehamilan yang biasa (tes urin).

Sebagian besat keguguran yang terjadi disebabkan kelainan kromosom pada embrio. Jadi untuk memastikan bahwa ibu benar-benar mengalami keguguran, dokter harus melakukan pemeriksaan ptologi anatomi jaringan atau darah yang keluar atau melakukan tidakan kuret. Tanpa bukti adanya jaringan konsepsi (hasil pembuahan), sangat sulit memastikan apakah ibu hamil atau tidak.

Keputihan yang lama, berbau apalagi telah menimbulkan rasa nyeri didaerah perut bagian bawah menunjukkan adanya infeksi kandungan atau radang panggul. Ibu memerlukan pemeriksaan yang lebih teliti, terutama pemeriksaan cairan vagina apakah mengandung kuman abnormal atau tidak. Kemudian pemeriksaan organ kandungan bagian dalam melalui pemeriksaan dalam dan USG transvaginal. Bila radang panggul tidak ditangani dengan baik, maka saluran rongga rahim dapat rusak sehingga ibu mgnalami kesulitan menjadi hamil (kemandulan). Silahkan berkonsultasi dengan dokter kandungan di Subspesialis Endrokrinologi Repeoduksi.


1 comment:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali informasinya...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-radang-panggul/

    ReplyDelete