Thursday, March 11, 2010

BISNIS KECIL BIKIN UNTUNG DENGAN KREATIFITAS

Masa yang sulit seperti ini, disaat harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat, memang dipahami sulit untuk memulai suatu usaha apalagi yang dibutuhkan adalah peruntungan untuk mempertahankannya. Memang pada saat ini, apapun usaha yang dilakukan perlu adanya modal materi dan ditambah kerja keras yang ulet serta kesabaran tinggi.

Pada dasarnya usaha yang membutuhkan modal besar pasti berkorelasi dengan rugi yang besar dimana usaha yang tidak mempunyai pesaing saat ini? Semua usaha pasti ada saingannya.

Jadi, mencari usaha yang tidak ada persaingan tidak akan mungkin. Namun bagaimana menyiasatinya?

Disini usaha kecil menengah menjadi solusi buat kita yang baru belajar memulai usaha. Usaha kecil menengah pada dasarnya dipastikan mempunyai daya saing yang besar namun tingkat resiko akan daya saing tidak berat dikarenakan, untuk usaha ini, semua pemodal pasti memiliki modal terbatas, jadi tinggal bagaimana kita melakukan strategi mengembangkan secara tekunm danterus menerus.

Contohnya saja bagi seorang ibu yang mau memulai berusaha tempat makan kaki lima. Semua tahu bahwa memulai usaha ini pasti membawa keuntungan yang sangat besar. Karena semua tahu akan hal ini, maka pesaing kita yang memiliki modal dan waktu yang lebih dahulu yang pastinya akan mendapatkan kesempatan tersebut. Namun perlu disadari bahwa perhitungan itu tidak tepat, karena ada faktor lain yang lebih besar yang harus diperhatikan yaitu kualitas dan kreatifitas.

Dalam contoh yang lebih nyata adalah Bapak Sugiono (49 th), sorang tukang masak didaerah Jakarta Utara. Beliau membuka rumah makan Padang pada tahun 2006 dia mulai usaha dengan modal terbatas dan makanan yang disajikan pun sama seperti 49 rumah makan Padang didaerahnya. Yang dilakukannya sangat sederhana. Setelah di buka rumah makan tersebut selama 7 bulan dn melihat pelanggannya pun tidak banyak, dia mulai memberikan terobosan dengan memberikan satu menu tambahan yang sebenarnya rumah makanlainnya pun bisa menyediakannya yaitu kepala kakap pagi hari awet dan segar hingga sore yang dia tulis di spanduk. Setiap yang melihat pasti bertanya dia hanya menyediakan 5 kepala kakap jadi apabila ada yang bertanya selalu dia jawab…Bapak ketinggalan karena makanan tersebut pasti habis sebelum jam 8 pagi dimana pelanggan saya pasti pesan 1 hari sebelumnya. Dia memang membuat menu itu dengan racikan yang lebih hebat untuk mempertebal rasa nikmat dengan harga yang sama.

Sekarang semua orang tahu bahwa makanannya enak dancepat habis dan setiap harinya, dia bisa menjual 1400 kepala kakap kepada 49 rumah makan disebelahnya dan dia sudah mempunyai menu baru lainnya.

Beginilah yang dilakukan oleh pengusaha kecil dan menengah. Dan untuk itu janganlah anda ragu untuk bersaing yang penting gunakan beberapa tips dibawah ini :

  • Hitunglah berapa modal anda yang bisa anda sisihkan tanpa menggangu keuangan dan pengeluaran kebutuhan sehari-hari.

  • Hindari pinjaman kepihak lain.

  • Cari kehlian anda terlebih dahulu dan jangan Cuma menikuti trend an saran orang lain.

  • Mulailah berhitung sedetail mungkin dari pengeluaran yang pasti dan mungkin terjadi.

  • Biasakan berhitung untuk reiko tidak ada pelanggan untuk 6 bulan pertama.

  • Hitung juga ke dalam modal anda apabila anda ingin melakukan perubahan ditengah jalan.

  • Pastikan tempat usaha anda bukanlah asset yang anda miliki melainkan sewa (untuk rencana jangka pendeknya)

  • Jagalah tempat usaha anda sebersih mungkin.

  • Apabila anda ingin menggunakan jasa orang lain, pastikan orang yang ada pekerjakan adalah orang yang mempunyai minat yang sama dengan anda dan sebaiknya pekerja tersebut berdomisili tidak jauh dari tempat usaha anda.

  • Janganlah buka usaha di lingkungan yang sepi

  • Usahakan anda selalu membagi keuangan anda dengan cara : setiap pemasukan yang anda terima 30% untuk pengeluaran esok hari, 30 % untuk pengembalian modal, 30% untuk karyawan dan 10% untuk biaya tabungan.

  • Lakukan ini secara terus menerus tanpa ada sedikit celah dan pastikan usaha anda diketahu orang banyak

  • Cari kunikan tecendiri akan usaha anda disaat bayak pesaing dilingkungan usaha anda

  • Gunakan kualitas untuk memulainya dan lanjutkan dengan kreatifitas dan inovasi baru.

  • Semakin banyak anda menggunakan hal-hal unik, maka akan semakin sukses anda.



Semoga ini dapat membantu memberikan warna bagi anda yang akan mencoba berkecimpung dibidang ini dan jangan lupa, manfaatkan juga jasa keuangan yang ditawarkan oleh bank yang dapat membantu anda dalam sisi permodalan. Selamat berusaha…

Sumber :Inovasi Car januari-maret2010


No comments:

Post a Comment