Thursday, January 6, 2011

MANFAAT KACANG HIJAU



COCOK UNTUK DIET RENDAH LEMAK

Anda penggemar kacang-kacangan? Jika ya, masukkan kacang hijau dalam daftar makanan penting yang wajib anda konsumsi.

Banyak manfaat kacang hijau untuk tubuh, selain tinggi protein dan mineral kacang hijau juga baik dikonsumsi untuk mereka yang sedang menjalankan diet rendah lemak. Berikut manfaat kacang hijau.

  • Memiliki kandungan protein nabati tinggi sekaligus karena mengandung kalsium dan fosfor yang diperlukan tubuh untuk menguatkan tulang.
  • Mengandung asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi bagi yang sedang melakukan diet.
  • Jangan takut mengonsumsi kacang hijau karena alasan lemak. Sebab, lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 72% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Kacang hijau juga terkandung Vitamin B1 (tiamin) yang baik untuk pertumbuhan. Karena kekurangan vitamin B1 dapat menganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatnya asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhan pun dapat diperbaiki.
  • Jika kacang hijau sudah dijadikan kecambah,m dalam kecambah ini pun banyak manfaatnya. Diantaranya mengandung antioksidan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah sel kanker.
  • Mengandung vitamin E membantu meningkatkan kesuburan. Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan karena bersifat alkalis (basa). Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyebuhkan jerawat, menyuburkan rambut danmelangsingkan tubuh. (BATAM POS)

No comments:

Post a Comment