Saturday, January 29, 2011

RESEP AWET MUDA




INGIN AWET MUDA? KONSUMSILAH SIRSAK!

Tanah Indonesia subur dan cocok utnuk ditanami berbagai jenis tanaman, dari sekian keragaman tanaman itu, sirsak buah tropos yang mudah sekali didapat. Penggemarnya luas, karena cita rasanya yang khas dan sumber vitamin C bagi kita. Kabar gembiranya, sirsak efektif turunkan tekanan darah dan cegah penuaan dini.

Sirsak tanaman tropis yang bersifat tahunan umurnya, bisa mencapai 20 tahun. Tanaman sirsak termasuk tumbuhan semak dengan tinggi tidak lebih dari 4 meter. Bentuk buah umumnya lonjong, berduri halus dan lunak, bisam mengembang besar hingga sirsak sering disebut buah majemuk (komposit). Yang dimakan dari buah sirsak adalah dagingnya yang disebut pseudocarp. Daging buah berwarna putih, lunak/lembik dan berserat. Rasa buah saat ranum umumnya masam manis sesuai namanya. Bila dibelah, biji sirsak yang telah tua berwarna hitam kecokelatan, berbentuk gepeng (pipih). Adapun harum dan berbatang sedang.


Sirsak merupakan tanaman pendatang yang berasar dari Meksiko, Amerika Selatan. Masuk ke Indonesia dibawa orang Belanda pada masa penjajahan. Wajar, nama sirsak lebih terkenal dengan istilah nangka belanda. Di Indonesia sirsak banya ditanam di halaman dan di ladang-ladang sampai dataran tinggi kira-kira 500 m dari permukaan laut. Produksi buah sirsak sekitar 25 buah per pohon per tahun.

JENIS-JENIS SIRSAK

Sirsak termasuk famili Annona Murcata L. banyak varietas sirsak, diantaranya Annona Montana L dan Annona Deversifolia L yang tidak mudah layu atau busuk. Secara umum, sirsak dapat digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu sirak ratu yang rasanya manis, berat 0,5-1,2 kg, berbiji jarang, kecil dan hitam kecokelatan. Kemudian sirsak bali dengan cirri kulit buah licin, tidak berduri, tubuh cepat dengan jaringan cambium yang tebal, berbuah kecil, berat sekitar 200-300 gr dan kulit berwarna cokelat kekuningan saat ranum. Sedangkan sirsak manalika, buahnya kecil seperti buah nona, permukaan kulit buahnya berduri, dagingnya berwarna kuning, rasanya manis dan berbiji banyak berwarna hitam. Terakhir adalah sirsak asam dengan rasa yang asam manis buahnya kecil berbentuk lonjong, berbiji banyak berwarna hitam.

Dari keempat jenis sirsak tersebut, yang paling digemari adalah sirsak ratu atau biasa disebut sirsak Australia, karena daging buahnya putih, lembut, berserat halus dan beraroma harum sedap sekali. Buahnya pun sering menjadi campuran es krim.

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAATNYA

Umumnya, jenis sirsak apapun banyak mengandung vitamin C sehingga bermanfaat sebagai antioksidan yang biasa mengulur penuaan. Sirsak ratu kandungan vitamin Cnya sebesar 20 mg/100 g, sedangkan pada sirsak asam sebesar 81.7 mg/100 g. selain kandungan vitamin C, aroma sirsak juga memiliki daya tarik tersendiri sehingga dimanfaatkan untuk pengharum ruangan. Namun biji sirsak yang gepeng dan berwarna kehitaman itu tidak enak dimakan dan beracun. Kandungan zat gizi dalam 100 g buah sirsah yang dapat dimakan diantaranya kalori 65 kal, protein 1,0 g, lemak 0,3 g, karbohirdat 16.3 g, kasium 14 mg, fosfor 27 mg, besi 0,6 mg, vitamin A 10 SI, vitamin B1 0,07 mg, vitamin C 81,7 mv dan air 50 g.

Menurut penelitian, sirsak dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah proses penuaan. Kandungan seratnya berfungsi melancarkan pencernaan terutama pada kasus sembelit. Sari buah sirsak dalam system pencernaan akan merangsang nafsu mekan dan menghilangkan rasa mual setelah makan. Manfaat laindari sari buah sirsak utnuk mengobati pinggang pegal, pinggang nyeri dan empedu berbatu.

HASIL OLAHANNYA DAN MANFAAT

Sirsak dapa tdiolah menjar puree minuman jelly dan sebagai campuran es krim. Di Jawa Tengah sirsak digunakan untuk pembuatan dodol yang disebut dodol nangka belanda. Di Malaysia, sirsak diolah menjadi aneka minuman dan puree untuk diekspor dan diolah untuk meningkatkan nilai tambah. Sirsak juga variasi makanan yang nikmat disantap kapan saja oleh penderita diabetes karena berkalori rendah.KARTINI

No comments:

Post a Comment