Friday, January 28, 2011

BERMAIN DAN PERMAINAN





MAINAN ELEKTRONIK



Ribuan jenis mainan elektronik memikat anak, mana yang aman dan bermanfaat?



Semua umur, bahkan bayi, senang mainan elektronik. Ada music cube yang jika disentuh bisa menyanyikan mursery rhymes yang merdu. Ada pula buku elektronik dan computer buat balit. Semua asyik dan dipromosikan sebagai mainan yang mendidik. Apakah anda harus beli semuannya?



Cermati dulu



Cara produsen mainan electronic learning mengklaim maiannya mencerdaskan, menghibur dan aman. Benarkah begitu?



Yang tergolong mainan elektronik di sini adalah yang dioperasikan oleh betere dari yang seukuran kancing hingga ukuran besar seperti aki mini, yang bisanya digunakan mobil atau kendaraan beroda yang bisa dikendarai si 4 tahun.



Pertama, anda harus mengecek, apakah tombol mainan si kecil dioperasikan oleh batere bertenaga aman. Dalam panduan mainan aman yang disusun oleh pemerhati mainan di Inggris, tegangan yang diperkenankan untuk mainan anak, tidak boleh lebih dari 24 volt.



Batere yang bisa di-charge ulang tentu lebih ekonomis ketimbang sekali pakai langsung buang. Bukan apa-apa, mainan elektronik biasanya lebih mahal dibanding nonelektronik.



Aneka pilihan



Unsure penting lainnya adalah faktor kontruksi dan efek yang ditimbulkan mainan. Artinya, tidak ada komponen yang mudah lepas, tidak ada bentuk yang tajam atau bersudut, tidak menghasilkan suara bising, dibuat dari bahan yang aman dan tidak mudah pecah, robek atau terkelupas.



Mainan impor berkualitas baik biasanya dilengkapi kode lolos uji kemanan, dan unsure ekonomi, anda harus cermat membaca kemasan atau brosur perihal usia yang disarankan sebelum menjatuhkan pilihan.



Pilihan mainan elektronik meliputi jenis mainan yang sangat beragam. Antara lain, jenis mainan yang mengasah indera untuk bayi. Juga ada tokoh boneka yang mengeluarkan suara saat diremas. Untuk anak yang lebih besar, ada mobil mainan kecil yang dioperasikan batere, atau sepeda dan mobil yang dapat dikendarai. Selamat memilih.

(Dok. Ayahbunda)



COCOK DENGAN USIA

Bayi :

· Cat Mobile

· Baby gym

Batita :

· Learning Table / Activity Center

· Buku cerita elektronik

Balita :

· Mobil elektronik yang bisa dikendarai

· Laptop mini





No comments:

Post a Comment