Saturday, January 29, 2011

INFO KECANTIKAN GIGI





GIGI INDAH DENGAN PERAWATAN MAKSIMAL



Sebagian besar orang pasti setuju, kalau kini pergi ke dokter gigi tidak hanya untuk tujuan menambal atau mencabut gigi saja. Klinik atau dokter gigi juga sudah banyak diminati oleh mereka yang ingin melakukan perawatan estetika gigi. Dengan harganya perkembangan seputar teknologi perawatan pada gigi, beragam masalah pun kini dapat tertanggulangi. Mulai dari mengubah susunan gigi, membentuk gigi, menanam gigi yang sudah lepas bahkan mengubah warna gigi menjadi lebih putih cemerlang dalam sekejap.





MASALAH GIGI DAN PERAWATANNYA



Tidak semua orang beruntung memiliki susunan dan bentuk gigi yang indah. Namun bukan berarti tidak ada jalan untuk menanggulanginya. Berikut ini ragam masalah pada gigi yang biasa terjadi dan cara perawatannya.



GIGI TIDAK TERATUR



Masalah susunan gigi yang tidak rapid an teratur biasanya disebabkan oleh kondisi gusi yang terlalu tipis atau adanya daerah akar gigi yang terbuka (gummy smile). Banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan metode periodontal touch up. Cara ini akan membantu memperbaiki jaringan penyangga gigi, terutama bagian gusi dan tulang untuk memperbaiki jaringan penyangga gigi, terutama bagian gusi dan tulang utnuk memperbaiki susunannya agar rata.



Melalui cara ini, bagian gusi yang terlampai tipis juga dapat dipertebal. Bahkan teknik ini juga mempu menjadikan kondisi gusi yang meradang menjadi lebih baik dan sehat, menutup daerah akar gigi yang terbuka serta memperbaiki tingkat elastisitas gerak bibir.



GIGI NYERI



Banyak faktor yang menyebabkan gigi terasa nyeri dan linu. Selain karena faktor bawaan lahir dan keturunan, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh bagian email gigi yang kurang sehat. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa linu yang berlebih saat mengonsumsi minuman atau makanan terlalu dingin dan asam. Cara paling mudah utnuk mengatasinya adalah dengan mengoleskan setiap bagian gigi dengan pasta gigi khusus yang mengandung fosfor dan flour dengan menggunakan jari tangan. Lalu tunggu setengah jam. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman selama proses ini berjalan.



GIGI BERLUBANG



Walaupun nampak sepele, jika dibiarkan gigi berlubang dapat berakibat fatal dan membahayakan bagi kesehatan secara keseluruhan. Gigi yang berlubang menjadi salah satu penyebab munculnya bau mulut. Teknologi aesthetic filling bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambal gigi. Cara ini banyak digemari, karena memiliki kualitas estetis (warna gigi yang identik atau selaras dengan warna asli, bersinar dan halus), teknik ini juga mempu menahan tekanan kunyah dan dapat membuat susunan gigi nampak rapi.





SEPUTAR PROSES PEMUTIHAN GIGI



Memiliki gigi putih cemerlang memang menjadi dambaan setiap orang. Banyak cara dan teknologi yang ditawarkan untuk mencapai kondisi gigi yang ideal. Namun tidak semua cara cocok untuk semua tipe dan kondisi gigi. Berikut tip yang harus dilakukan sebelum melakukan proses pemutihan gigi :



Check up



Sebelum melakukan proses pemutihan, ada baiknya melakukan permeriksaan terhadap kondisi gigi. Apakah masih dalam kondisi vital (masih ada sarafnya) atau non vital (sudah tidak ada sarafnya). Dengan melakukan check up, dokter dapat menentukan teknik pemutihan yang tepat. Pemutihan pada gigi vital dilakukan dengan cara mengoleskan pemutih pada permukaan gigi. Sedangkan pada gigi mati, pemutih dioleskan pada gigi bagian dalam.



Tambal gigi



Sebelum melakukan proses pemutihan, ada baiknya melakukan penambahan pada bagian gigi yang berlubang. Efek lain yagn ditimbulkan dari proses pemutihan antara lain akan munculnya sensitivitas pada gusi. Jadi sebelumnya pastikan gigi dalam kondisi sehat.



Risiko Pemutih Gigi



Pemakaian bahan pemutih di pasaran bebas juga bisa menjadi pilihan. Namun perhatikan terlebih dulu kandungan bahan yang terdapat di dalamnya. Apabila konsentrasi hydrogen peroxide-nya rendah, berarti bahan pemutih tersebut aman digunakan, yaitu sekitar 0,1-3 %.



DENTAL SPA

Dental spa memang hal yang cukup baru di Indonesia. Berbeda dengan klinik gigi, dental spa lebih menekankan pada perawatan yang bersifat kosmetik seperti pemutihan gigi dan porcelain veneer.

Dental spa ditujukan untuk memberikan kenyamanan pada satu rangkaian perawatan gigi. Pada umunya perawatan dental spa tidak hanya ditujukan untuk perawatan gigi saja. Namun juga ditawarkan rangkaian spa lain seperti terapi pijat dan beragam teknik relaksasi lainnya.

Teknik ini berawal dari banyaknya orang yang merasa nyaman untuk datang dan melakukan perwatan gigi di klinik gigi pada umumnya. Dalam dengal spa biasanya juga dilengkapi dengan perawatan-perawatan pendukung lain. Dengan suasana yang lebih nyaman, setiap pasien dapat menikmati setiap rangkaian perawatan gigi yang ditawarkan.



Sumber : KARTINI

No comments:

Post a Comment