Friday, January 28, 2011

BAYI PREMATUR



SUKSES SUSUI BAYI PREMATUR

Meski kelewat mungil dan lemah, namun bayi premature bisa sukses menyusu pada ibu.

Berbagai penenlitian membuktikan kondisi bayi premature yang mendapatkan ASI, lebih baik daripada yang minum susu formula ( susu botol), misalnya saja, tingkat strs mereka lebih rendah, denyut jantung dan suhu tubuhnya lebih baik, serta mempu mempertahankan oksigen dalam mulutnya.

Belum stabil

Penting diketahui, kandungan ASI yang dihasilkan ibu yang melahirkan bayi premature memang berbeda dengan air susu ibu yang melahirkan cukup bulan. Pada bulan pertama, ASI dari ibu bayi premature memiliki kandungan protein, natrium, klorida dankalium yang tinggi, dengan komposisi yang memudahkan si bayi premature mencernanya. Jadi, ASI tersebut memang perlu diberikan, karena sesuai dengan kebutuhan bayi sat itu yang sedang mengejar pertumbuhan.

Belajar dulu

Kalau si kecil belum mampu menelan sebaiknya berikan asi perah dengna memakai selang kecil yang langsung dimasukkan kelambungnya (sonde). Jika bayi sudah bisa menenlan namun belum menyusu langsung, pemberian ASI bisa dilakukan dengan meneteskanya ke mulut memakai pipet sendok kecil atau dengan selang kecil.

Sekalipun mengisap adalah refleks alami namun bayi premature seringkali belur ‘kuat’ mengisap ASI dari payudara ibunya. Untuk itu anda dapat mengajarinya dengan mencoba memasukkan putting payudara ke mulut bayi. Perhatikan dan hentikan kegiatan laktasi ini jika mulutnya tampak lebih mengisap. Kepekaan anda akan sangat membantu suksesnya latihan ini.

Tak perlu panic jika anda merasa kerpotan dengan cara memrah, menyimpan atau mengatur jadwal memerah ASI. Hal ini wajar terjadi. Lakukan saja setiap hari kegiatan tersebut, karena biasanya proses penyesuaian ini berlangsung seminggu, dan anda sudah akan terbiasa serta terampil malakukannya.

Selamat menikmati masa menyusui si kecil.AYAHBUNDA

No comments:

Post a Comment