Saturday, January 29, 2011

INFO KESEHATAN





LASER DARAH

TEKNIK PULIHKAN KEBUGARAN




Laser cukup lama dimanfaatkan untuk berbagai keperluan medis, misalnya dalam pembedahan, pemotongan organ, menjahit bekas luka, pemecah batu ginjal dan banyak lagi. Pesatnya perkembangan teknologi, kini laser pun digunakan utnuk memulihkan vitalitas dan kebugaran. Seperti apakah teknologi medis laser darah itu? Simak lebih lanjut!



Telah lama Desy (27) alergi makanan sea food. Makan udang sedikit saja, sekujur tubuhnya muncul bentol-bentol merah yang terasa sangat gatal. Namun, beberapa jam setelah minum obat alergi, bentol-bentol itu hilang dengan sendirinya. “waduuh…, kalau alergi itu muncul, tersiksa sekali,” jelasnya.



Desy sangat tersiksa dengan penderitaannya, Karena ia termasuk suka sekali makanan sea food. Seperti orang bilang, “kapok lombok”, makan cabai kepedasan, tetapi masih terus memakannya, jadilah, Desy bolak-balik, menyantap udang kesukaannya, lalu minum obat alergi.

sebisanya saya tahan, tapi batin saya tersiksa jika keinginan makan sea food tidak dituruti. Tapi kalau sudah tak kuat Manahan, ya nekat. Maklum, makanan kesukaan. Meski sehabis makan tubuh gatal-gatal, saya tetap sering menyantapnya,” jelas karyawati sebuah perusahaan swasta ini.



Sesuatu ketika usai makan-makan dengan teman sekantor di restoran sea food, ia cepat-cepat mengeluarkan “bekal”nya dari saku, yaitu obat alergi. Teman-temannya yang sudah hapal dengan peoblemanya itu maklum saja. Namun, diantara mereka ada yang tahu tentang terapi alergi, yaitu teknik laser darah. Seperti apakah itu?



PERBAIKI KUALITAS DARAH



Laser darah adalah bentuk baru pengembangan menfaat laser dalam mmenangani kemungkinan alergi setalah makan sea food. Desy yang semula sempat tak percaya dengan saran sang teman, akhirnya penasaran ingin mencobanya. Pikirnya, kalau bisa keluar dari problem alergi, ‘kan bisa makan udang sepuasnya kapan saja. Ia pun mendatangi klinik penyedia pelayanan laser darah itu. Ternyata, efek pengobatan itu segera terlihat. Desy merasa sehat, tidak lagi gatal-gatal setelah makan seafood.



Menurut dr. Hadi Sugianti, ahli terapi laser, laser darah bisa mencegah terjadiny alergi, sebab laser darah berkhasiat memperbaiki kualitas darah yang kurang baik. Kasus alergi timbul pada mereka yang memiliki kualitas darah buruk. Dengan laser, kualitas darah menjadi baik, sehingga tubuh tidak bereaksi alergis ketika menerima benda yang dianggap asing oleh tubuh.



Laser darah atau dalam dunia kedokteran dikenal sebagai Interval Laser Irradiation Blood (ILIB), menurut dr. Hadi lagi, prinsipnya adalah memasukkan sinar laser ke dalam pembuluh darah. Sinar dimasukkan dalam darah utnuk meningkatkan mikrosirkulasi jaringan, meningkatkan kadar oksigen, dan memperbaiki kualitas darah. Selain juga untuk mengeluarkan racun dalam darah dan menghambat proses penuaan. Semua manfaat itu pada intinya bermuara pada usaha membuat tubuh bugar.



Prinsip kerja laser darah itu sendiri sebagai berikut : sinar laser dimasukkan ke darah melalui kabel fiber optic dimana ujungnya terdapat jarum special yang disebut jarum laser. Kemudian fiber optic itu dihubungkan kea lam pembangkit laser. Sinar laser yang dipancarkan dari alat pembangkit laser tersebut tidak melukai jaringan tubuh, karena gelombangnya telah dipilih dan kekuatannya disetel aman bagi sel-sel darah.



Menurut dr. Hadi, dalam pembuluh darah terdapat banyak sel darah atau komponen sel darah. Akibat adanya penyakit tertentu, sel-sel darah itu terkadang mengental dan menyumbat pembuluh dara. Kondisi seperti ini umumnya terjadi padausia lanjut diman konsistensi dinding pembuluh darah tidak lagi kenyal, elastis dan penampang pembuluh adrah menyempit. Dinding pembuluh darah seperti ini biasanya terjadi akibat hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi) dan endapan kolesterol yang tinggi.



Tekanan darah tinggi menyebabkan dinding pembuluh darah menebal sehingga lubang pembuluh darah mengecil. Penyempitan pembuluh darah ini menyebabkan organ disekitanya tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Kondisi ini sangat berbahaya. Bila jantung yang kurang mendapat aliran darah, maka bisa menyebabkan gangguan fungsi jantung. Begitu juga andai otak yang terkena, maka bisa menyebabkan kesemutan, konsentrasi menurun, jalan sempoyongan, dan yang paling parah adalah stroke.



Dengan laser, sumbatan-sumbatan pembuluh darah dihancurkan dan dinding pembuluh darah dilenturkan. Aliran darah ke seluruh tubuh pun menjadi lancar. Tidak itu saja, gelombang cahaya dari laser juga membuat sel darah yang tadinya kaku menjadi lentur, lalu mampu membawa oksigen cukup banyak sehingga mempu memenuhi kebutuhan oksigen bagi jaringan-jaringan dalam tubuh.



Bagaimana laser darah untuk penyakit lain, seperti diabetes (kencing manis)? Laser darah juga efektif mengobati kencing manis akibat rendahnya produksi hormone insulin dalam tubuh. Diketahui, gangguan insulin itu timbul akibat pancreas yang kurang berfungsi sehingga produksi hormone insulin tidak memadai. Akibatnya, kadar gula dalam darah tak bisa diubah menjadi makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Dengan laser, sel-sel darah penderita diperbaiki, dengan cara merangsang pancreas menghasilkan insulin. Jika insulin bisa diproduksi kembali, penyakit kencing manis bisa ditangani.



TIP AGAR KULITAS DARAH BAIK

  1. Hindari polusi, misalnya limbah industri, asap kendaraan bermotor

  1. Jangan mengonsumsi alcohol

  1. Hindari terlalu banyak duduk

  1. Banyaklah bergerak

  1. Hindari stress

  1. Jaga stamina dengan berolahraga teratur, konsumsi makanan bergizi dan istiraha yang cukup




SANGAT SINGKAT



Teknik pengobatan laser darah tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 30-90 menit. Dalam waktu relative singkat itu, cahaya laser bekerja meremajakan sel-sel darah merah, sel darah putih dan sel darah beku yang beredar di seluruh tubuh, dari ujung kepala sampai kaki. Perbaikan sel darah ini sangat mbermanfaat meningkatkan kulitas darah.



Pada kondisi tidak terawatt, kualitas darah bisa memburuk sehingga efeknya secara langsung mengganggu kesehatan. Tubuh tak berdaya menhadapi gangguan kesehatan berasak dari bakteri maupun infeksi, tapi juga dari diri sendiri yang tidak dapat mengompensasikan lingkungan negative.



Laser darah juga bisa diaplikasikan untuk menerapi berbagai penyakit lain. Hanya laser darah tidak bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas darah pasien yang menderita penyakit yang berhubungan dengan keturunan. Perlu diketahui, laser tidak mempengaruhi perkembangan genetic.



Melihat fungsinya, sebetulnya laser darah tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh mereka yang sudah menderita panyakit, tetapi juga orang yang sehat. Dalam arti, orang yang sehat boleh menjalani laser darah agar tubuh tetap bugar dan tercegah dari penyakit.



UNTUK KECANTIKAN



Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, laser tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, namun juga kecantikan, seperti memerangi komedo, jerawat, mengoperasi bekas luka (parut), mengatasi jamur dan menyamarkan keriput.



Sebelum laser dilakukan, kulit dianalisis terlebih dahulu untuk melihat kondisinya, seperti ukuran pori-pori, adanya kerutan, bercak dan lain-lain yang tak terlihat oleh mata telanjang. Setelah itu dilakukan pengambilan gambar untuk menunjukkan hasil analisis. Prosed selanjutnya baru mengatasi masalah-masalah pada kulit secara praktis, tanpa memakai bahan-bahan pendukung lainnya. Laser bisa meremajakan kulit dengan mengankat dan menstimulasi, sehingga kulit lebih lentur dan bercahaya.



Proses pengerjaan hany amembutuhkan waktu setengah jam, biasanya dengan tiga kali kunjungan masalah di wajah memudar atau hilang. Namun, itu tergantung dari masalah wajah tiu sendiri. Kunjungan pertama dengan berikutnya memiliki jeda empat minggu, dilanjutkan dengan kunjungan berikutnya setelah dua bulan. Biaya perawatan ini relati mahal. Setiap kunjungan pasien harus mengeluarkan Rp. 1,5 juta, sedangkan untuk pelayanan paket sebanyak 3 kali datang, biayanya 3 juta.



Namun, melihat singkat, praktis dan hasil yang memuaskan proses pengobatan laser biaya tentu menjadi tidak berarti, bukan? KARTINI



TERAPI LASER

  • YAG LASER.Mengatasi problem kosmetika kulit, misalnya untuk menghilangkan rambut di bagian-bagian tubuh tertentu. Laser juga efektif untuk menghilangkan vareses

  • FPL. Bergungsi meremajakan kulit. Prosesnya praktis, hanya dilaser tanpa menggunakan krim atau obat-obatan khusus.

  • LASER ILB. Yaitu laser darah untuk oksigenisasi tubuh dan kulit.

  • MEDICAL IMAGING, SKIN ANALYSIS. Untuk melihar daerah-saerah kulit yang mengalami kelainan. Seperti ukuran pori-pori, kerutan, bercak hitam akibat pengaruh sinar matahari dan tendensi jerawat.


No comments:

Post a Comment