Sunday, May 29, 2011

STRES PADA ANAK




Sebagai penyedia dan pengasuh, orang dewasa cenderung untuk melihat dunia anak-anak senang dan riang. Setelah semua, anak-anak tidak memiliki pekerjaan tetap atau tagihan yang harus dibayar, jadi apa yang bisa mereka perlu khawatirkan?

Banyak! Bahkan anak-anak yang sangat muda memiliki kekhawatiran dan merasa stres untuk beberapa derajat. Stres adalah fungsi dari tuntutan ditempatkan pada kami dan kemampuan kami untuk menemui mereka.


Sumber Stress

Tekanan sering kali datang dari sumber luar (seperti keluarga, teman, atau sekolah), tetapi mereka juga bisa datang dari dalam. Tekanan kita tempatkan pada diri kita dapat sangat signifikan karena sering ada perbedaan antara apa yang kita pikir kita harus lakukan dan apa yang sebenarnya kita lakukan dalam hidup kita.

Stress dapat menyerang siapa saja yang merasa kewalahan - bahkan anak-anak. Pada anak-anak prasekolah, pemisahan dari orang tua dapat menyebabkan kecemasan. Sebagai anak-anak dengan bertambahnya usia, akademik dan tekanan sosial (terutama pencarian untuk cocok) membuat stres.

Banyak anak-anak terlalu sibuk untuk punya waktu untuk bermain kreatif atau bersantai setelah sekolah. Anak-anak yang mengeluh tentang jumlah kegiatan mereka terlibat dalam atau menolak untuk pergi kepada mereka bisa jadi menandakan bahwa mereka terjadwal secara berlebihan.

Bicarakan dengan anak-anak Anda tentang bagaimana mereka merasa kegiatan tentang ekstrakurikuler. Jika mereka mengeluh, membahas pro dan kontra dari berhenti satu kegiatan. Jika berhenti bukanlah suatu pilihan, mengeksplorasi cara-cara untuk membantu anak Anda mengatur waktu dan tanggung jawab sehingga mereka tidak menciptakan kecemasan begitu banyak.

Stres anak mungkin diintensifkan dengan lebih dari sekedar apa yang terjadi dalam kehidupan mereka sendiri. Apakah anak-anak Anda mendengar Anda berbicara tentang masalah di tempat kerja, khawatir tentang penyakit seorang kerabat, atau berkelahi dengan pasangan Anda tentang masalah keuangan? Orang tua harus menonton bagaimana mereka mendiskusikan isu-isu seperti ketika anak-anak mereka dekat karena anak-anak akan menangkap kegelisahan orangtua mereka dan mulai khawatir sendiri.

Berita Dunia dapat menyebabkan stres. Anak-anak yang melihat gambar mengganggu di TV atau mendengar pembicaraan tentang bencana alam, perang, dan terorisme mungkin khawatir tentang keselamatan mereka sendiri dan bahwa orang yang mereka cintai. Bicaralah dengan anak Anda tentang apa yang mereka lihat dan dengar, dan memonitor apa yang mereka menonton di TV sehingga Anda dapat membantu mereka memahami apa yang terjadi.

Juga berhati-hatilah faktor rumit, seperti sakit, kematian orang yang dikasihi, atau perceraian. Saat ini ditambahkan ke wajah anak-anak tekanan sehari-hari, stres diperbesar. Bahkan perceraian paling damai bisa menjadi pengalaman yang sulit bagi anak-anak karena dasar sistem keamanan mereka - keluarga mereka - sedang mengalami perubahan yang tangguh. orang tua terpisah atau bercerai tidak seharusnya menempatkan anak dalam posisi harus memilih sisi atau mengekspos mereka untuk komentar negatif tentang pasangan lainnya.

Tanda dan Gejala

Meskipun tidak selalu mudah untuk mengenali kapan anak-anak stres, perubahan perilaku jangka pendek - seperti perubahan suasana hati, bertindak keluar, perubahan pola tidur, atau mengompol - bisa menjadi indikasi. Beberapa anak mengalami efek fisik, termasuk sakit perut dan sakit kepala. Lain-lain kesulitan berkonsentrasi atau menyelesaikan sekolah. Yang lain menjadi ditarik atau menghabiskan banyak waktu sendirian.

anak-anak muda mungkin menunjukkan tanda-tanda bereaksi terhadap stres dengan mengambil kebiasaan baru seperti mengisap jempol, memutar-mutar rambut, atau mengupil; anak-anak yang lebih tua mungkin mulai berbohong, menggertak, atau menentang otoritas. Seorang anak yang stres mungkin juga mimpi buruk, kesulitan meninggalkan Anda, overreactions untuk masalah kecil, dan perubahan drastis dalam kinerja akademis.

Mengurangi Stress

Bagaimana Anda membantu anak-anak mengatasi stres? istirahat yang tepat dan gizi yang baik dapat meningkatkan keterampilan coping, sebagai orangtua yang baik dapat. Membuat waktu untuk anak-anak Anda setiap hari. Apakah mereka perlu bicara atau hanya berada di ruang yang sama dengan Anda, membuat diri tersedia.

Bahkan ketika anak-anak bertambah tua, waktu yang berkualitas adalah penting. Ini sangat sulit bagi beberapa orang untuk pulang ke rumah setelah bekerja, turun di lantai, dan bermain dengan anak-anak mereka atau sekedar berbicara dengan mereka tentang hari mereka - terutama jika mereka sudah mengalami hari stres sendiri. Tapi bunga menyatakan pada hari-hari anak-anak Anda 'menunjukkan bahwa mereka penting bagi Anda.

Membantu anak Anda mengatasi stres dengan berbicara tentang apa yang mungkin menyebabkan itu. Bersama, Anda dapat datang dengan beberapa solusi seperti mengurangi kegiatan setelah-sekolah, menghabiskan lebih banyak waktu berbicara dengan orang tua atau guru, mengembangkan latihan, atau menulis buku harian.

Anda juga dapat membantu dengan mengantisipasi situasi yang berpotensi stres dan mempersiapkan anak-anak untuk mereka. Sebagai contoh, mari anak tahu di depan waktu (tetapi tidak terlalu jauh di depan waktu) yang janji dokter yang akan datang dan berbicara tentang apa yang akan terjadi di sana. Perlu diingat, meskipun, bahwa anak-anak muda mungkin tidak akan membutuhkan persiapan terlalu banyak kemajuan. Terlalu banyak informasi dapat menyebabkan lebih banyak stres - jaminan adalah kuncinya.

Ingat bahwa beberapa tingkat stres adalah normal; membiarkan anak-anak tahu bahwa hal itu OK untuk merasa marah, takut, kesepian, atau cemas dan bahwa orang lain berbagi perasaan.

Membantu Masalah Anak Anda

Ketika anak-anak tidak dapat atau tidak akan membahas isu-isu ini, cobalah berbicara tentang keprihatinan Anda sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk menangani topik yang sulit dan tersedia untuk berbicara dengan ketika mereka sudah siap. Jika seorang anak menunjukkan gejala yang perhatian Anda dan tidak bersedia untuk berbicara, berkonsultasi dengan konselor atau spesialis kesehatan mental lainnya.

Buku dapat membantu anak-anak muda mengidentifikasi dengan karakter dalam situasi stres dan belajar bagaimana mereka mengatasinya. Check out Alexander dan No Mengerikan, Mengerikan, Bagus, Hari Sangat Buruk oleh Viorst Judith; Tear Soup oleh Schweibert Pat, DeKlyen Chuck, dan Tagihan Taylor, dan Dinosaurus Perceraian oleh Marc Brown dan Laurene Krasny Brown.

Kebanyakan orangtua memiliki kemampuan untuk mengatasi stres anak-anak mereka. Waktu untuk mencari bantuan profesional adalah ketika setiap perubahan perilaku terjadi, ketika stres menyebabkan kecemasan yang serius, atau ketika perilaku yang menyebabkan masalah signifikan dalam berfungsi di sekolah atau di rumah.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menemukan sumber daya untuk anak Anda, konsultasikan dengan dokter Anda atau konselor dan guru di sekolah.

Reviewed by: Jennifer Shroff Pendley, PhD (http://kidshealth.org/parent/emotions/feelings/stress)

No comments:

Post a Comment