Tuesday, May 24, 2011

CELEBRAL PALSY




Pernahkah Anda mendengar bicara anggota keluarga tentang langkah pertama Anda atau kata pertama yang Anda berbicara? Untuk anak-anak dengan cerebral palsy, yang disebut CP untuk jangka pendek, mengambil langkah pertama atau mengucapkan kata pertama tidak mudah. Itu karena CP adalah suatu kondisi yang dapat mempengaruhi hal-hal yang anak-anak lakukan setiap hari.

Apa CP?

Beberapa anak dengan kursi roda menggunakan CP dan lain-lain berjalan dengan bantuan kruk atau kawat gigi. Dalam beberapa kasus, pidato anak-anak dapat dipengaruhi atau orang tidak mungkin dapat berbicara sama sekali.

Cerebral palsy (katakanlah: seh-ree-brel pawl-zee) adalah suatu kondisi yang mempengaruhi ribuan bayi dan anak-anak setiap tahun. Hal ini tidak menular, yang berarti Anda tidak dapat menangkapnya dari siapa saja yang memilikinya. Kata ini berarti otak yang berkaitan dengan otak. Kata palsy berarti kelemahan atau masalah dengan cara bergerak seseorang atau posisi tubuh nya.

Seorang anak dengan CP memiliki kesulitan mengendalikan otot-otot tubuh. Biasanya, otak menceritakan seluruh tubuh apa yang harus dilakukan dan kapan melakukannya. Tetapi karena CP mempengaruhi otak, tergantung pada bagian otak dipengaruhi, anak-anak mungkin tidak dapat berjalan, berbicara, makan, atau bermain dengan cara yang kebanyakan anak-anak.

Jenis CP

Ada tiga jenis cerebral palsy: spastik (katakanlah: spass-tick), athetoid (mengatakan: ath-eh-toId), dan ataxic (katakanlah: ay-tak-sakit). Jenis yang paling umum dari CP adalah kejang. Seorang anak dengan CP tidak bisa rileks kejang otot nya atau mungkin otot-otot kaku.

Athetoid CP mempengaruhi kemampuan anak untuk mengontrol otot-otot tubuh. Ini berarti bahwa lengan atau kaki yang dipengaruhi oleh CP athetoid mungkin flutter dan bergerak tiba-tiba. Seorang anak dengan CP ataxic memiliki masalah dengan keseimbangan dan koordinasi.

Seorang anak dengan CP dapat memiliki kasus yang ringan atau kasus yang lebih parah - itu benar-benar tergantung pada seberapa banyak otak yang terkena dan bagian mana dari tubuh yang bagian dari kontrol otak. Jika kedua lengan dan kedua kaki yang terpengaruh, seorang anak mungkin perlu menggunakan kursi roda. Jika hanya kaki yang terpengaruh, anak mungkin berjalan dengan cara yang goyah atau harus memakai kawat gigi atau kruk digunakan. Jika bagian otak yang mengontrol pidato dipengaruhi, anak dengan CP mungkin akan kesulitan berbicara dengan jelas. Lain anak dengan CP mungkin tidak dapat berbicara sama sekali.

Untuk beberapa bayi, cedera otak selama kehamilan atau segera setelah lahir dapat menyebabkan CP. Anak-anak paling berisiko terkena CP adalah kecil, bayi prematur (bayi yang lahir beberapa minggu sebelum mereka seharusnya lahir) dan bayi yang perlu pada ventilator (mesin untuk membantu pernapasan) selama beberapa minggu atau lebih. Tetapi bagi kebanyakan anak dengan CP, masalah di otak terjadi sebelum kelahiran. Seringkali, dokter tidak tahu mengapa.

Apa yang Dokter Lakukan?

Dokter yang mengkhususkan diri dalam merawat anak-anak dengan masalah saraf otak,, atau otot biasanya terlibat dalam mendiagnosis anak dengan cerebral palsy. Para spesialis dapat mencakup neurolog pediatrik (katakanlah: Nyoo-ral-uh-jist), seorang dokter yang berurusan dengan masalah sistem saraf dan otak pada anak-anak.

Tiga jenis lain dari dokter yang dapat membantu anak-anak dengan CP termasuk ahli ortopedi pediatrik (katakanlah: atau-tho-pee-dist), yang menangani masalah dengan tulang atau sendi, seorang dokter anak perkembangan, yang melihat bagaimana anak-anak tumbuh atau berkembang dibandingkan dengan anak-anak lain usia yang sama, dan physiatrist pediatrik, yang membantu merawat anak-anak cacat dari berbagai jenis.

Tidak ada tes khusus untuk mengetahui jika anak memiliki cerebral palsy. Dokter mungkin meminta sinar-X dan tes-tes darah untuk mengetahui jika beberapa penyakit lain dari otak dan sistem syaraf mungkin menyebabkan masalah. Untuk mendiagnosa CP, dokter biasanya menunggu untuk melihat bagaimana seorang anak berkembang untuk memastikan.

Sebuah kasus cerebral palsy sering dapat didiagnosis pada usia 18 bulan. Sebagai contoh, jika seorang anak tidak duduk atau berjalan pada saat kebanyakan anak harus melakukan hal-hal ini, anak itu mungkin telah CP atau beberapa masalah lain yang menyebabkan pengembangan untuk pergi lebih lambat. Dokter mengikuti perkembangan bayi dan anak erat dan mencari masalah dengan otot dan kekuatan, gerakan, dan refleks.

Bagaimana CP Diobati?

Untuk anak dengan CP, masalah dengan otak tidak akan lebih buruk lagi sebagai anak semakin besar. Sebagai contoh, seorang anak yang memiliki CP yang hanya mempengaruhi kaki tidak akan mengembangkan CP di lengan atau masalah dengan pidato di kemudian hari. Pengaruh CP di lengan atau kaki bisa bertambah buruk, bagaimanapun, dan beberapa anak dapat mengembangkan pinggul dislokasi (ketika tulang-tulang yang bertemu di pinggul keluar dari posisi normal) atau skoliosis (kelengkungan tulang belakang).

Itulah sebabnya terapi sangat penting. Anak-anak dengan CP biasanya memiliki terapi fisik, pekerjaan, atau pidato untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan seperti berjalan, duduk, menelan, dan menggunakan tangan mereka. Ada juga obat untuk mengobati kejang bahwa beberapa anak dengan CP miliki. Beberapa obat dapat membantu mengendurkan otot-otot pada anak-anak dengan CP kejang. Dan beberapa anak-anak dengan CP mungkin harus operasi khusus untuk menjaga lengan atau kaki lurus dan lebih fleksibel.

Hidup Dengan CP

Cerebral palsy biasanya tidak menghentikan anak-anak pergi ke sekolah, membuat teman, atau melakukan hal-hal yang mereka nikmati. Tapi mereka mungkin harus melakukan hal-hal yang sedikit berbeda atau mereka mungkin membutuhkan bantuan. Dengan komputer untuk membantu mereka berkomunikasi dan kursi roda untuk membantu mereka berkeliling, anak-anak dengan CP sering dapat melakukan banyak hal yang anak-anak tanpa CP bisa melakukannya.

Anak-anak dengan cerebral palsy hanya seperti anak-anak lain, tetapi dengan beberapa tantangan yang lebih besar yang membuatnya sulit untuk melakukan hal-hal sehari-hari. Lebih dari apa pun, mereka ingin menyesuaikan diri dan disukai.

Bersabarlah jika anda tahu seseorang atau bertemu dengan seseorang dengan CP. Jika Anda tidak dapat memahami apa yang orang dengan CP adalah mengatakan atau jika itu membutuhkan seseorang dengan CP lagi untuk melakukan sesuatu, beri dia atau waktu ekstra untuk berbicara atau bergerak. Menjadi pemahaman adalah apa yang menjadi teman yang baik adalah semua tentang, dan seorang anak dengan CP akan benar-benar menghargai itu.

Ditinjau oleh: Steven J. Bachrach, MD
http://kidshealth.org/kid/health_problems/brain

2 comments:

  1. just share info aja , bagi yg minat membeli kursi roda cp (cereblral palsy) dapat buka di link ini: http://kursiroda.net/Kursi-roda-anak-cp-cerebral-palsy.htm

    ReplyDelete
  2. just share info aja , bagi yg minat membeli kursi roda cp (cereblral palsy) dapat buka di link ini: http://kursiroda.net/Kursi-roda-anak-cp-cerebral-palsy.htm

    ReplyDelete