Wednesday, May 25, 2011

MENINGITIS




Meningitis adalah kata yang mungkin Anda dengar di berita. Itu karena ada kadang wabah meningitis di sekolah atau perguruan tinggi - dan itu bisa menjadi penyakit yang serius. Tetapi banyak orang sembuh sepenuhnya setelah mereka meningitis dan ada cara untuk mencegahnya.

Apa itu Meningitis?

Sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dikelilingi oleh serebrospinal (katakanlah: Suh-ree-bro-spy-nul) cairan. Cairan ini bertindak untuk bantal dan melindungi sistem saraf pusat saat Anda bergerak. perlindungan Bahkan lebih diberikan oleh meninges (katakanlah: muh-nin-Astaga), yang merupakan membran yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

Meningitis (katakan: orang-un-Jye-tus) adalah penyakit yang melibatkan inflamasi (pembengkakan), atau iritasi, meninges. Ada berbagai jenis meningitis, tetapi sebagian besar waktu itu disebabkan oleh kuman, terutama virus.

Meningitis mendapat perhatian karena tidak hanya membuat seseorang merasa sakit, dapat memiliki efek yang berlangsung pada kemampuan seseorang untuk berpikir dan belajar. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Tetapi banyak orang sembuh dari infeksi tanpa kerusakan permanen. Dan penyakit sangat langka, Anda mungkin tidak akan pernah tahu siapa saja yang mendapatkannya.

Bagaimana Seseorang Dapatkan Meningitis?

Tubuh memiliki pertahanan alami terhadap infeksi - dan biasanya bahkan jika seseorang datang di virus atau bakteri yang dapat menyebabkan meningitis, tubuh dapat melawannya. Setiap orang memiliki banyak kuman yang hidup dan berada dalam tubuh mereka. Sebagian besar waktu, kuman ini tidak menyebabkan penyakit apapun. Bahkan, beberapa dari mereka, seperti beberapa bakteri biasanya ditemukan di usus, membantu tubuh untuk bekerja dengan baik. Namun, beberapa kuman penyebab infeksi.

Jika seseorang mendapat infeksi, sistem kekebalan tubuh akan bekerja untuk melawannya. Itu sebabnya Anda mungkin merasa sakit satu hari, tapi kemudian Anda mulai merasa lebih baik. Sistem kekebalan tubuh melakukan tugasnya.

Beberapa kuman, bagaimanapun, adalah rumit. Mereka bisa mengakali pertahanan tubuh dan menyebar dalam tubuh. Beberapa dari kuman ini bahkan dapat menyerang sistem saraf pusat, menginfeksi meninges dan menyebabkan meningitis.

Bakteri dan Virus

Banyak virus dapat menyebabkan meningitis virus. Mereka termasuk keluarga virus yang dikenal sebagai enterovirus (katakanlah: en-Teh-baris-Vye-rus-ez). Seperti kebanyakan virus, enterovirus menginfeksi tubuh melalui air liur (ludah), feses (kotoran), dan debit hidung (ingus). Inilah sebabnya mengapa mencuci tangan Anda setelah Anda pergi ke kamar mandi, setelah Anda bersin, dan sebelum Anda makan sangat penting.

Ini juga mungkin untuk mendapatkan meningitis virus sebagai komplikasi dari cacar air, tapi ini juga sangat jarang terjadi pada anak-anak yang sehat. Hari-hari ini, banyak anak yang divaksinasi dengan dua tembakan untuk mencegah cacar air sebelum memulai sekolah.

Bakteri meningitis menular, yang berarti dapat ditularkan ke orang lain dengan ludah atau ingus. Hal ini dapat menyebar ketika Anda bersin atau batuk, ketika cangkir berbagi Anda atau barang, atau ketika Anda mencium seseorang. Vaksin diberikan kepada anak-anak untuk membantu melindungi mereka dari penyakit serius seperti meningitis.

Apa Apakah Gejala Meningitis?

Biasanya, seseorang dengan meningitis sangat sakit. Gejalanya adalah :

  • Sakit kepala yang sangat hebat yang tidak kunjung sembuh
  • Leher kaku
  • Mata sakit atau iritasi saat terkena cahaya
  • Mual, atau sakit perut
  • Muntah- muntah
  • Tubuh sakit
  • Demam
  • Merasa sangat mengantuk
  • Merasa sangat bingung

Gejala meningitis bisa datang pada sangat cepat atau mengambil beberapa hari untuk muncul. Siapa saja yang sakit dengan gejala meningitis perlu mencari perawatan medis segera.

Apa yang Akan Dokter lakukan?

Ketika seseorang sakit dan mungkin mengalami gejala meningitis, dokter akan mengajukan banyak pertanyaan untuk mencari tahu berapa lama orang tersebut telah sakit dan apa yang mungkin telah menyebabkan penyakit. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap dan jika dia mencurigai meningitis yang mungkin menyebabkan penyakit seseorang, keran air tulang belakang biasanya dilakukan.

Sebuah tekan tulang belakang memungkinkan dokter untuk mengumpulkan beberapa cairan cerebrospinal yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Selama tekan tulang belakang, orang biasanya terletak di sisi nya meringkuk menjadi bola. Pertama, dokter akan mati rasa kulit dengan obat-obatan. (Hal ini dilakukan untuk mencegah rasa sakit.)

Orang itu perlu berbaring sangat masih sementara dokter memasukkan jarum yang sangat tipis ke dalam tulang belakang. Jarum ditempatkan di antara dua tulang belakang di bawah mundur dari sumsum tulang belakang. Cairan akan dihapus dan dikumpulkan dalam beberapa tabung. Kemudian jarum dikeluarkan dan dokter menempatkan perban atas wilayah tersebut.

Setelah dikumpulkan, cairan tulang belakang akan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada bakteri, sel, atau zat yang menunjukkan peradangan atau infeksi di sana. Biasanya dengan melihat cairan tulang belakang dengan cara ini, dokter akan dapat mengetahui apakah sepertinya seseorang telah meningitis. Cairan juga akan dikirim ke laboratorium untuk diuji untuk bakteri dan kadang-kadang untuk virus. Setelah dokter mengetahui apa kuman yang menyebabkan meningitis, mereka dapat memilih obat terbaik untuk mengobati infeksi. Pengobatan tergantung pada jenis meningitis.

Bakteri meningitis sangat serius dan seseorang perlu di rumah sakit selama perawatan. obat antibiotik yang kuat akan diberikan melalui IV (tabung tipis yang masuk ke pembuluh darah untuk memberikan obat) untuk menghilangkan bakteri. Cairan mengandung glukosa (gula) dan mineral juga dapat diberikan melalui IV untuk membantu seseorang pulih.

Viral meningitis juga bisa serius, tetapi biasanya tidak seburuk meningitis disebabkan oleh bakteri. Seseorang dengan meningitis virus mungkin masih perlu di rumah sakit selama beberapa hari dan mungkin diperlukan waktu beberapa minggu sebelum ia merasa lebih baik. Antibiotik tidak bekerja terhadap virus, sehingga orang dengan meningitis virus akan memerlukan banyak istirahat untuk melawan infeksi.

Dapatkah Meningitis Dicegah?

Jika seseorang mendapat meningitis bakteri di lingkungan Anda atau sekolah, dokter akan ingin tahu siapa yang telah melakukan kontak dekat dengan orang ini. menghubungi Tutup berarti hidup dengan atau menghabiskan banyak waktu dengan orang, atau berbagi peralatan yang sama atau cangkir. Hal ini penting karena orang yang telah melakukan kontak dekat mungkin perlu antibiotik selama beberapa hari, kalau-kalau mereka terinfeksi dengan bakteri, juga. Antibiotik dapat membantu mencegah mereka dari meningitis berkembang. Tetapi antibiotik tidak akan mencegah penyakit jika virus yang disebabkan meningitis.

Jika Anda telah memiliki semua vaksinasi Anda, mereka akan membantu melindungi Anda dari mendapatkan meningitis. Tapi ada cara lain untuk mencegah mereka dari mendapatkan kuman dalam tubuh Anda: Cuci tangan Anda. Cuci up secara berkala dengan hangat, air sabun - terutama sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan apabila tangan Anda kotor. Ini juga cerdas untuk menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin. Kemudian - Anda dapat menebaknya - mencuci tangan Anda!

Ditinjau oleh: Joel Klein, MD
http://kidshealth.org/kid/health_problems/brain/meningitis

No comments:

Post a Comment