Thursday, April 14, 2011

MENGHAMBAT BIANG KERINGAT BAYI



Kulitnya belum sempurna, rawan biang keringat

Bila ditubuh bayi-terutama dahi, dan leher-muncul bintil-bintil kecil merah yang kadang-kadang berisi air dan kulit kemerahan, bisa jadi ia terkena keringet buntet alias biang keringat! Ganggguan kulit yang disebut miliaria ini terjadi akibat proses penyerapan dan pengeluaran keringat belum berjalan semestinya. Saat udara panas, bayi kerap berkeringat berlebihan sampai pori-porinya tersumbat. Keringat pun rembes atau mengalir ke kulit di dekatnya, mencetus biang keringat.

Cegah dengan :
  • Ciptakan kamar yang bersih, sirkulasi udara lancer, tidak gerah dan tidak lembab.
  • Pilih bajudari bahan yang mudah menyerap keringat, lembut dan tidak ketat.
  • Usap dengan waslap basah setiap bayi berkeringat. Keringkan dengan handuk lembut. Atau mandikan bila ia berkeringat terlalu banyak.
  • Jangan bubuhkan bedak pada kulit yang basah karena menghambat keluarnya keringat.
  • Jangan mengoles baby oil, baby lotion atau baby cream sepanjang waktu. Gunakan hanya saat kulit kering karena kulit kering menghambat keluarnya keringat dan memudahkan infeksi bakteri.

Kedokter

Bila kondisi tidak membaik setelah 1 minggu, timbul demam atau rasa sakit dan gatal yang berat, pembengkakan, garis merah atau perubahan warna kulit didekatnya atu kambuh kembali beberapa kali dalam kurun waktu pendek.

Sumber: ayahbunda

No comments:

Post a Comment