Wednesday, October 26, 2011

KEKERASAN PADA ANAK



Hentikan kekerasan terhadap anak sekarang dan selamanya
Dalam perspektif keluarga, anak diposisikan sebagai dambaan orang tua sekaligus penerus keluarga. Namun kenyataannya, masih banyak anak yang belum terlindungi dari berbagai bentuk kekerasan dan eksploitasi. Bahkan tidak sedikit anak yang hidup terlantar dan tidak memperoleh pendidikan yang memadai.

Agar setiap anak kelak dapat memikul tanggung jawab sebagai penerus keluarga dan penerus bangsa, maka anak-anak wajib mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal dari segi fisik, mental, maupun social. Karena itu, untuk mewujudkan dan menjamin kesejahteraan anak, semua pihak wajib mengupayakan perlindungan anak dari segala bentuk eksploitasi, kekerasan, penganiayaan, penyiksaan, dan penelantaran. Komisi Nasional Perlindungan Anak memberikan kiat bagi orang tua untuk menghindari segala bentuk kekerasan terhadap anak.

Hargai anak dan bersikap adil

Dengan menciptakan suasana hangat dan penuh kasih saying, tanpa diskriminasi. Berilah penghargaan bila anak melakukan perbuatan terpuji dan beritahu kesalahannya jika dia melakukan tindakan yang kurang baik. Dengan demikian, anak akan belajar menghargai orang lain, terutama orang tuanya.

Dengarkan keluahan anak

Bila anak berperilaku buruk, seperti melawan, suka memukul, atau berbohong, pahamilah perasaannya dan dengarkan keluhannya.

Ungkapkan ketidaksetujuan anda atas perilaku anak yang kurang baik

Dengan kata-kata yang tidak memojokkan anak. Daripada mengatakan,”Ayo, cepat mandi. Mama tidak suka punya anak baud an pemalas!” lebih baik katakana, “Yuk, mandi saying. Supaya wangi dan bersih.”

Peringatan lebih awal
Ketika anda marah karena perilaku anak, maka menghindarlah seketika dari anak. Tenangkan diri anda lalu berdialog dengan anak seputar ketidaksukaan anda dengan sikap anak.

Berupaya lebih akrab

Binalah hubungan yang lebih hangat dan akrab dengan anak sehingga dia menjadi lebih terbuka kepada orang tua. Jadilah contoh bagi anak dalam menanamkan nilai-nilai moral dan social yang berlaku.

Dunia anak adalah dunia yang penuh kegembiraan dan keceriaan. Karena itu, kekerasan bukan cara yang tepat untuk dilakukan terhadap anak. Hentikan segala bentuk kekerasan terhadap anak sekarang dan selamanya!

Sumber: PARENTSINDONESIA.COM

No comments:

Post a Comment

Post a Comment