Wednesday, November 17, 2010

KANDUNGAN GIZI ASI





MAU AA + DHA UNTUK ‘SI BAYI’ TERNYATA SEMUA ADA DALAM ASI LHO!...GRATIS!



Duh senangnya punya bayi lucu. Pengen rasanya semua kebutuhan gizinya dapat terpenuhi, termasuk DHA, AA juga Omega 6 untuk kecerdasannya. Tapi tahukah anda, zat-zat penting itu ternyata bisa didapatkan ‘Cuma-Cuma’ dari ASI anda sendiri? Sambil menyusui, tak Cuma mendekatkan emosi ibu pada si ‘buah hati’, tapi sekaligus memberi konsumsi gizi tinggi. Untuk itu, biasakan menyusui dengan ASI sejak dini.





Kelebihan dan manfaat ASI…



ASI adalah makanan alamiah terbaik untuk bayi anda. Selain kmomposisinya sesuai dengan pertumbuhan bayi (mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, zat besi), juga dilengkapi zat pelindung (immunoglobin, lekosit, laktoferin, faktor bifidus, lisozim dan taurin). Karena kandungan gizinya, segeralah berikan ASI. Refleks hisap bayi paling kuat adalah pada jam-jam pertama dia lahir. Tangsangan payudara dini akan mempercepat timbulnya refleks prolaktin dan mempercepat produksi ASI.



ASI dan prekursornya yang disebut kolostrum adalah makanan terbaik untuk bayi.



NUTRIEN (ZAT GIZI) ASI

1

KOLOSTRUM

Cairan kental berwarna kekuning-kuningan yang dihasilkan pada sel alveoli payudara biu. Sesuai untuk kapasitas pencernaan bayi dan kemampuan ginjal baru lahir yang belum mampu menerima makanan dalam volume besar.

2

PROTEIN

PROTEIN dalam ASI terdiri dari casein (yang sulit dicerna) dan whey (protein mudah cerna). Berkebalikan dengan susu sapi, protein dalam ASI lebih banyak mengandung whey daripada casein sehingga protein ASI mudah dicerna.

3

LEMAK

LEMAK ASI adalah penghasil kalori (enenrgi) utama dan merupakan komponen zat gizi yang sangt bervariasi. Lebih mudah dicerna karena sudah dalam bentuk emulsi. Penelitian Osborn membuktikan, bayi yang tidak mendapatkan ASI, lebih banyak menderita jantung koroner di usia muda.

4

LAKTOSA

Merupakan krbohidrat utama pada ASI. Fungsinya sebagai sumber energi. Fungsi lainnya meningkatkan absorbsi kalsium dan merangsang pertumbuhan laktobasilus bifidus.

5

VITAMIN A

Ada dengan konsentrasi berkisar pada 200 IU/dl.

6

ZAT BESI

Meskipun ASI mengadung ZAT BESI (0,5-10 mg/liter), bayi yang menyusui jarang kekurangan zat besi (anemia). Hal ini dikarenakan zat besai ASI lebih mudah diserap.

7

TAURIN

Berupa asam amino dan berfungsi sebagai neurotransmitter, berperan penting dalam maturasiotak bayi

8

LAKTOBASILUS

Berfungsi menghambat pertubuhan mikroorganisme seperti bakteri E. Coli yang sering menyebabkan diare pada bayi

9

LAKTOFERIN

Bermanfaat menghambat bakteri stafilokokus dan jamur kandida

10

LISOZIM

Dapat memecah dinding bakteri sekaligus mengurangi insiden KARIES DENTIS dan MALOKLUSI (kebiasaan lidah yang mendorong ke depan akibat menyusu dengan botol dan dot)







Zat-zat inilah yang menyebabkan ASI lebih unggul dibandingkan susu lainnya. Malah ibu yang menyusui eksklusif dengan ASI untuk jangka waktu lama, akan terhindar dari kemungkinan penyakit kanker payudara. Sebaliknya, menggunakan susu formula dapat memberikan kerugian, seperti : PENGENCERAN yang salah dan pelarutan susu lebih dari seharusnya, dapat mengakibatkan : hupermatremi, obesitas, hupertensi dan enterokolotis nekrotikans. Juga bisa menyebabkan KONTAMINASI MIKROORGANISME, menyebabkan ALERGI dan TIDAK PRAKTIS serta TIDAK EKONOMIS.



DHA, AA DAN OMEGA 6 …gratis dalam ASI!



Dalam kemasan susu formula banyak diunggulkan kelebihan DHA dan AA untuk pertumbuhan bayi, padahal semua itu bisa didapat secara GRATI dari ASI. Salah satu keunggulan lemak ASI adalah kandungan asam lemak esensial, docosahexaenoic acid (DHA) DAN arachidonic acid (AA) yang berperan penting dalamm pertumbuhan otak (sejak trimester 3 kehamilan sampai tahun pertama setelah bayi lahir). Yang merupakan asam lemak sesensial DHA, dan Omega 6 yang dapat dirubah menjadi AA. Kalau zat-zat bergizi ini bisa kita dapatkan secara GRATIS dari ASI. Kenapa harus mengeluarkan biaya lebih utnuk mengkonsumsi susu formula?



No comments:

Post a Comment