Wednesday, November 17, 2010

IBU BEKERJA DAN ASI EKSKLUSIF




Sukses ASI eksklusif

Anda ingin sukses memberikan ASI eksklusif? Ikuti kiat berikut ini.

Banyak ibu bekerja yang pesimis akan kemampuan mereka memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Padahal, yang dibutuhkan ibu agar tetap dapat memberikan ASI untuk bayinya adalah sikap optimis.

Sikap optimis dan kesadaran bahwa bayi berhak mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan merupakan bekal utama saat ibu mulai melangkahkan kakinya kembali bekerja. Pandangan inilah yang akan mengarahkan ibu untuk berjuang semaksimal mungkin tetap memberikan ASI bagi bayinya, dalam kondisi apapun! Apa yang mesti anda lakukan agar pemberian ASI eksklusif berhasil?

  • Mencoba di rumah. Satu minggu sebelum bekerja, cobalah anda memompa ASI dan menyimpannya di freezer. Selain si kecil punya persediaan ASI saat anda bekerja, anda pun punya pengalaman memompa ASI.
  • Informasikan pada atasan. Saat kembali ngantor jelaskan pada atasan anda akan memerah ASI sedikitnya setiap 3 jam. Jelaskan pada atasan anda memompa ASI tidak menganggu pekerjaan. Bila anda memperoleh hak anda untuk memompa ASI, anda pun lebih produktif bekerja.
  • Diruang tertentu. Idealnya ada ruang khusus untuk memompa ASI. Bila di kantor anda tidak ada, anda dapat minta izin atasan untuk menggunakan ruang rapat atau perpustakaan saat anda harus memompa ASI. Jangan memompa ASI di kamar kecil karena banyak kuman! Selain itu,m masih anda menyiapkan makanan bayi atau makanan anda sendiri di toilet?
  • Lakukan pada jam yang sama. Jumlah ASI bisa berbeda setiap harinya. Untuk memaksimalkan jumlahnya, pompalah ASI setiap hari pada jam yang sama. Berusahalah santai, bayangkan bayi anda sedang menyusu saat anda memompa ASI. Perasaan tertekan dan kurang tidur adalah musuh besar anda. Ingat, anda adalah ibu menyusui. Jadi selama di kantor konsumsilah makanan sehat dan bayak minum.
  • Cari dukungan. Dukungan merupakan kunci sukses. Bila ada rekan yang juga memompa ASI di kantor, jangan segan menceritakan kesulitan anda dan minta saran padanya.

Sebelum menjalankan itu semua, yakinkan diri anda bisa memberikan ASI eksklusif 6 bulan untuk si buah hati. (Dok.ayahbunda)

No comments:

Post a Comment