Thursday, September 2, 2010

VIRGIN COCONUT OIL (VCO) UNTUK KECANTIKAN





Sebagai pohon kehidupan (life tree), kelapa sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satunya untuk kecantikan, seperti ulasan untuk anda kali ini.

Pelaku industri kecantikan telah mengeksporasi potensi alam yang tersebar di muka bumi. Dari material sayur-mayur hingga buah-buahan tak luput dari proyek riset mereka. Salah satu yang telah digarap adalah manfaat dari minyak kelapa. Apa khasiatnya?

Yang utama, minyak kelapa mampu memelihara keremajaan kulit. Ini penting sekali diketahui, karena kulit selalu mengalami proses pertumbuhan. Sel-sel kulit menjadi mati, lalu diganti dengan yang baru. Sayangnya, sel-sel kulit mati ini tidak luruh dengan sendirinya. Bila dibiarkan menumpuk kulit pun menjadi tampak kusam dan bertekstur kasar. Nah, minyak kelapa mampu meluruhkan sel-sel mati sehingga kulit menjadi lebih halus, sehat dan lebih muda.

Dibandingkan krim atau lotion, minyak kelapa efektif membuat kulit cerah dan segar, memulihkan secara langsung kondisi kulit. Sedangkan krim atau lotion sefatnya memulihkan hanya sementara, bahkan lotion justru bisa myebabkan penuaan. Sementara minyak kelapa makin terus diteliti dan diolah, diantaranya menjadi VCO (virgin coconut oil). VCO ini menjadikan kulit halus dan mulus serta rambut tebal berkilau. Struktur molekulnya yang kecil mudah diserap kulit, sehingga sel-sel kulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

DARI RAMBUT SAMPAI KULIT

  • Meningkatkan elastisitas kulit. Salah satu indicator kulit sehat terlihat dari tingkat elastisitasnya. Untuk mengecek elastisitas kulit, lakukan tes sederhana berikut : cubit kulit dipunggung tangan anda, tahan selama lima detik, lalu lepaskan. Hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk kembali datar. Semakin pendek waktunya, semakin muda usia fungsional kulit anda. Untuk meningkatkan elastisitas kulit, rawat dengan produk berbasis VCO.
  • Menjaga kelambaban kulit. Sifat struktur molekul VCO yang kecil mengandung pelembab alami yang baik sehingga melindungi kulit dari kekeringan. Antioksidan pada VCO membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dari sinar matahari berupa bercak kecoklatan.
  • Mencegah stretdh mark. Stretch mark adalah garis-garis ungu, putih dan merah pada perut, punggung, lengan atau bagian tubuh lainnya. Ini dialami wanita hamil, ketika berat badan melonjak serta pubertas. Asam lemak jenuh pada VCO menjadi sumber energi untuk meningkatkan metabolisme secara cepat sehingga mendorong proses penggantian jaringan yang rusak dengan sel sehat. Proses ini membantu menghaluskan dan menipiskan stretch marks.
  • Menjaga kondisi tubuh. Saat lelah, kegiatan memijat seringkali dapat menjadi obat mujarab. Tanpa disadari, minyak nabati dan mineral oil yang digunakan ketika itu mudah teroksidasi danmembentuk radikal bebas. Nah, VCO merupakan minyak paling stabil terhadap oksidasi dan pembentukan radikal bebas, sehingga aman digunakan.
  • Pelembab rambut. Apa yang dilakukan minyak kelapa terhadap kulit juga bisa untuk merawat rambut dengan efeknya yang melembabkan. Para ahli kecantikan yang mengenal minyak kelapa merasa diuntungkan olehnya. Mereka mengklaim minyak ini dapat sama efektifnya dengan kondisioner rambut. Ini dikarenakan sifat struktur molekul VCO yang kecil sehingga dapat masuk ke dalam batang rambut dan mempertahankan kadar protein dalam rambut.

KARTINI

No comments:

Post a Comment