Saturday, April 14, 2012

MEMILIH SEKOLAH DASAR UNTUK ANAK


Memilih sekolah dasar yang cocok memang tidak sesulit seperti memilih perguruan tinggi misalnya, tapi bisa jadi sebetulnya sekolah dasar adalah pilar awal yang berperan paling signifikan pada pertumbuhan anak kelak. Bener nggak ya?
Tapi ada juga yang berpikiran, “ah pilih sekolah dasar mah dimana saja, wong baru SD. Nanti yang penting itu waktu mau masuk smp atau sma!”. Nah padahal kan, kalau jenjang yang lebih tinggi dari sekolah dasar itu begitu penting, seharusnya pondasi awalnya justru lebih penting bukan?



Bagi yang sudah menyiapkan dana pendidikan memadai, barangkali tidak terlalu sulit menentukan dimana sekolah dasar putra-putrinya nanti. Sekolah dasar berkelas sudah banyak ditawarkan dengan beragam fasilitas dan keunggulan. Tapi bagi yang dananya seadanya? Yaa harus pandai-pandai memilih, dimana sekolah dasar yang pas namun cukup berkualitas.

Sabtu lalu bersama anak istri saya keliling mencari informasi sekolah dasar untuk Zia nanti. Sekolah Dasar Negeri masih menjadi favorit kami. Maka meluncurlah kami ke beberapa sekolah dasar negeri yang ada. Salah satu yang kami tanyakan adalah, berapa jumlah siswa per kelas di sekolah ini?

Satu sekolah menjawab 50 , sekolah lainnya 45 rasanya kok banyak sekali. Terbayang ingatan sewaktu di SMA dulu. Betapa gaduhnya!

Lalu kami lanjutkan ke sekolah dasar di sebuah komplek perumahan. Sekolahnya cukup bagus, fasilitas cukup memadai, prestasi banyak sekali ( terpampang dari thropy yang dipajang), dan suasana lingkungan sekolah yang kondisif (jauh dari jalan raya jadi tidak bising dan bebas polusi.).

Kembali kami tanyakan,”Berapa jumlah siswa per kelas di sekolah ini?”, jawabnya,”20 pak, maksimal 25”. .. Ahaa!!! Ini dia yang kami cari. Dengan biaya pendaftaran yang relative masih jauh dibawah sekolah “unggulan”, maka kami daftarkan Zia untuk bersekolah disini. Mudah-mudahan pilihan kami tepat, dan Zia bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal disini.

Begitulah rekan-rekan, salah satu alasan kami memilih sekolah dasar.

Bagaimana dengan Anda?

sumber :www.mascayo.com

No comments:

Post a Comment