Monday, December 19, 2011

MAKNA DIBALIK ULANG TAHUN PERTAMA ANAK




Bagi sebagian orang tua lain, perayaan ulang tahun pertama dapat menjadi ajang berkumpul bersama seluruh keluarga besar kedua pihak. Acara ini bisa menjadi momentum untuk mengabadikan kehadiran beberapa generasi keluaga besar Anda dan pasangan.

Ungkapan rasa syukur. Biasanya acara kumpul keluarga besar pada perayaan ulang tahun pertama ini dilakukan bila anak adalah cucu pertama yang dinanti-nanti kehadirannya dalam keluarga besar Anda maupun pasangan. Selain itu, perayaan dapat bermakna sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran anak yang lahir dengan selamat telah melewati 1 tahun pertamanya.

Bertemu keluarga besar. Melalui momen perayaan ulang tahun pertama ini, meskipun anak mungkin belum terlalu menikmati pesta yang diselenggarakan untuknya, paling tidak dia dapat bertemu dengan saudara-saudara sepupunya maupun tamu-tamu cilik yang datang. Kegiatan ini dapat menjadi sarana anak untuk belajar bersosialisasi, mulai dari anak-anak sebayanya hingga orang-orang dari beberapa generasi sebelumnya, seperti kakek dan nenek, atau bahkan buyut.

Kesempatan anak untuk bersosialisasi semakin besar apabila dalam acara tersebut diadakan permainan yang memungkinkan orang-orang yang hadir dalam pesta tersebut saling berinteraksi dengan akrab. Misalnya, bayi dan anak balita dipangku atau digendong oleh orang-orang dewasa yang hadir secara bergantian mengikuti irama lagu.

Hadiah. Berbagai hadiah yang diterima anak dapat menjadi kenangan indah terhadap orang-orang yang memberi hadiah tersebut sebagai ungkapan rasa sayang dan cinta mereka terhadap anak. Bila hadiah yang diterima dirawat dengan baik hingga anak berumur 4-5 tahun, kelak dia dapat mengenali wajah-wajah orang yang memberi hadiah dari foto-foto pesta ulang tahun pertamanya itu.

Abadikan dalam foto atau video. Rekaman berkumpulnya seluruh keluarga besar tersebut, baik dalam bentuk foto maupun video, kelak menjadi dokumentasi keluarga yang sangat berharga. Melalui rekaman pesta ulang tahunnya yang pertama, bukan tidak mungkin kelak anak dapat mengenal wajah kakek dan nenek buyutnya yang hadir saat itu.
Merancang Pesta Ulang Tahun Pertamanya
Wah..gak terasa sang buah hati sebentar lagi genap berusia satu tahun. Lucu juga kalau dibuatkan perayaan ulang tahun pertamanya. Tapi kira-kira, apa saja yang perlu dipersiapkan?

Kapan waktu yang tepat? Waktu yang tepat untuk acara ulang tahun balita adalah sesuai jam tidurnya. Bila pola balita tidur di siang hari, peseta sebaiknya diadakan sore hari, begitu pula sebaliknya. Pilih hari di akhir pekan karena para tamu kemungkinan besar bisa datang.

Berapa lama? Usahakan kurang dari dua jam. Anda tentu ingin balita tetap ceria dan bersemangat saat difoto atau ketika ia bertemu teman-temannya, bukan? Lebih lama dari wkatu itu, balita lelah hingga rewel.

Berapa jumlah tamu? Balita usia ini kerap tak nyaman bertemu banyak orang yang tidak dikenalnya. Sangat bijaksana jika Anda hanya mengundang orang-orang yang cukup dekat dengan balita. Pastikan cukup ruang untuk menampung para tamu. Terlebih jika merek amengajak balita dan pengasuh. Ruangan sempit dan tamu berdesakan membuat suasana lebih sulit dikendalikan dan memunculkan rasa tidak nyaman pada anak dan tamu-tamu kecilnya.

Apa yang Anda sajikan? Tak harus makanan besar. Boleh saja berupa camilan, termasuk finger food yang cocok untuk bayi. sebaiknya hindari memilih sajian yang besar kemungkinan menyebabkan balita alergi, seperti makanan laut. Atau, camilan yang berbahaya bagi anak karena bisa membuatnya tersedak, seperti kacang atau permen.

Indoor atau outdoor? Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Jika pilih outdoor, Anda musti siap jika di tengah acara tiba-tiba hujan. Perhatikan keamanan sekeliling karena ada banyak anak yang bisa berkeliaran dan lepas dari pengawasan orang dewasa.

Tema acara? Terserah Anda. Bisa terinspirasi tokoh film seperti Winni the pooh atau Barney atau tema laut, piknik, warna dan sebagainya. Hati-hati jika mendatangkan karakter sesuai tema, seperti Barney atau badut, karena anak usia ini umumnya takut dengan karakter jadi-jadian seperti itu.

Perlu kostum? Melihat balita memakai kostum beruang memang lucu, apalagi jika mengambil tema Winnie the Pooh, tapi Anda harus memperhatikan kenyamanan anak karena dapat mempengaruhi mood-nya. Bila tempat acara cukup panas, sebaiknya pakaikan dia baju-baju dari bahan katun. Jika busana tetap ingin disesuaikan dengan tema, cukup pilihkan atau t-shirt bergambar Winni the Pooh.

Apa isi goodie bag? Pilih antara barang, makanan atau kombinasi keduanya. Sebaiknya pilih makanan yang cocok untuk anak segala usia, seperti biskuit. Jika goodie bag berisi barang-barang seperti mainan, sebaiknya pilih yang netral, bisa digunakan anak perempuan atau laki-laki, dan tidak membehayakan si penerima.

No comments:

Post a Comment